Mitos di Jawa Barat, Awas Langgar Pemali Orang Sunda

Mitos di Jawa Barat, Awas Langgar Pemali Orang Sunda
0 Komentar

Saat lembayung terlihat, itu berarti pemancing harus menyudahi kegiatannya karena takut terjadi hal yang tak diinginkan. Biasanya Si Layung akan menampakan diri kepada pemancing yang “sompral” (sembarangan berbicara).

Beberapa tahun silam, ada seorang pemancing yang marah-marah atau menggerutu karena tak dapat ikan saat memancing. Tiba-tiba Si Layung muncul, hanya terlihat matanya yang besar berkedip. Karuan pemancing itu kabur ketakutan.

Sementara mitos Si Kohkol, ia biasanya muncul dan terlihat oleh warga yang naik perahu atau rakit di Situ Gede. Mitosnya penampakan Si Kohkol akan terjadi pada warga yang naik rakit atau perahu tapi berbicara sembarangan atau berprilaku tak elok.

Baca Juga:Terowongan Casablanca, Urban Legend Jakarta yang Penuh MisteriJamu Peninggalan Zaman Majapahit yang Penuh Makna Kaya Manfaat

Mitosnya Si Kohkol sering membuat perahu atau rakit terbalik karena disundul oleh Si Kohkol.

3. Batu Goong Ciamis

Di Lingkungan Lebak, Kelurahan Ciamis, Kabupaten Ciamis, terdapat sebuah batu yang unik yang dinamai Batu Goong oleh masyarakat sekitar. Uniknya, batu seukuran gamelan kecil itu tak bisa dipindahkan.

Batu tersebut berada di kebun bambu tidak jauh dari bantaran Sungai Cileueur. Disebut Batu Goong karena bentuknya yang menyerupai alat musik gamelan yakni Goong kecil, bentuknya bulat berdiameter sekitar 30 sentimeter dan ada bulatan kecil di tengahnya.

Kepercayaan batu Goong tak bisa dipindahkan muncul ketika ada petugas dari museum hendak memindahkan batu tersebut karena dinilai unik dan memiliki nilai sejarah. Tapi saat pegawainya menggali ternyata orang tersebut malah sakit, sehingga proses pemindahannya tidak diteruskan.

Keanehan itu dibenarkan warga lainnya, Nono Nuryono, mengatakan setelah kejadian itu akhirnya batu tetap pada posisi semula. Warga pun tidak ada yang berani memindahkan Batu Goong tersebut.

Konon Batu Goong ini juga dipercaya mengandung aura magis. Menurut Suryadi, dulu ada warga yang sering bawa orang untuk mencari nomor (togel) di Batu Goong tersebut. Namun sekarang sudah tidak ada lagi, karena warga tersebut sudah meninggal dunia.

Nah itulah mitos di Jawa Barat yang penuh misteri, jangan sampai kamu melakukannya ya.

0 Komentar