Mahasiswa Unsur Kenalkan Sastra Drama di Lapas II B Cianjur

Mahasiswa Unsur Kenalkan Sastra Drama di Lapas II B Cianjur
Mahasiswa Unsur Kenalkan Sastra Drama di Lapas II B Cianjur
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Mahasiswa PBSI FKIP Universitas Suryakancana (Unsur) kenalkan sastra drama pada warga binaan lapas Cianjur. Dalam rangka program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di lembaga pemasyarakatan kelas II B Cianjur.

Beberapa mahasiswa dan dosen program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP Unsur Cianjur yang diselenggarakan pada bulan februari sampai dengan april 2023.

Pembinaan ini merupakan salah satu pemenuhan hak warga binaan dan tertuang dalam Undang-Undang No. 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 1999 tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan, Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI No. 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara.

BACA JUGA :

dan Dosen Unsur Laksanakan Pengabdian di Lapas II B Cianjur

Baca Juga:Tengah Diburu! Inilah Fitur Keren dari Livery Bussid Srikandi SHDTutorial Pemasangan Skin Pada Livery Bussid SHD

Berbeda dengan kegiatan pembinaan seperti biasanya, kegiatan pembinaan ini lebih terfokus pada pembinaan bahasa seperti kesalahan berbahasa yang harus sesuai dengan EYD dan juga melatih keterampilan dalam bidang sastra seperti musikalisasi puisi dan drama.

Berbicara tentang Sastra Drama, Jembar, salah seorang mahasiswa peserta pembinaan dalam kesempatannya beberapa kali bertemu dan bisa memperkenalkan apa itu Drama kepada para warga binaan disana, dari sekitar 30 orang warga binaan, ada beberapa yang nampak sudah tau secara mendasar tentang drama misalnya tentang berakting, membaca karakter tokoh, alur cerita dan lain sebagainya.

BACA JUGA :

Penerapan Musikalisasi Puisi di Lapas II B Cianjur

Para warga binaan terlihat berantusias dan asyik menikmati kegiatan pembelajaran bersama para Mahasiswa dan Dosen, keilmuan berbasis bahasa dan Sastra mungkin jarang mereka temui didalam Lapas, maka dari itu kami sangat memanfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin.

Target dari kegiatan pembinaan ini adalah para warga binaan dapat mengetahui lebih dalam tentang materi yang disampaikan oleh para dosen dan mahasiswa pada umumnya.

khususnya tentang drama, para warga binaan bisa dan berani mempraktekannya dan berharap kegiatan ini dapat melatih sikap kolaborasi, kreatifitas dan melatih sikap percaya diri para warga binaan.(Bar)

BACA JUGA :

0 Komentar