Info Terkini! Gempa Bantul Gegerkan DIY-Jateng di Malam Hari

Info Terkini! Gempa Bantul Gegerkan DIY-Jateng di Malam Hari
0 Komentar

CIANJUREKSPRESGempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6 terjadi di perairan barat daya Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (30/6) pukul 19.57 WIB.

Gempa ini di rasakan warga hampir seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

Gempa terjadi pukul 19.57 WIB. Epicenter gempa berada pada koordinat 8,63 derajat Lintang Selatan, 110,08 derajat Bujur Timur. 102 kilometer barat daya Bantul. Kedalaman 67 kilometer.

Baca Juga:3 Manfaat Meminum Teh Jahe Untuk Kesehatan !Resep Membuat Singkong Thailan Lembut dan Nikmat

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 6,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, Jumat (30/6/2023) .

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan, hal ini terlihat dari analisis BMKG, gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 6, yang artinya kekuatan gempa bumi yang memiliki kekuatan lebih besar.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah yang di akibatkan oleh adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia dan Eurasia,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi menengah yang di akibatkan dengan adanya aktivitas subduksi antara lempeng Indonesia, Australia dan Eurasia.

Ada beberapa dampak gempa bumi yang terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Diantara nya yaitu.

Dirasakan Warga DIY-Jateng

Gempa Bantul di rasakan hampir semua warga hang ada di wilayah DIY dan Jateng.

Bangunan Rusak

Dilaporkan ada sejumlah bangunan yang mengalami kerusakan akibat gempa Bantul. Di antaranya Bantul, Sleman, dan Gunungkidul (DIY).

Baca Juga:Tempat Kuliner Sukabumi dengan Panorama Asri Khas Jawa BaratKampung Adat Miduan Cianjur, Surga Tersembunyi Jadi Pusat Lokasi Suting

Tak hanya itu ada sejumlah wilayah di Jateng yakni Banyumas, Kebumen, Banjarnegara, Wonogiri, Klaten.

Bangunan yang mengalami ke rusakan di antaranya sekolah di Wonogiri dan Sleman, taman budaya, pasar di Gunungkidul, kandang ayam di Klaten, dan rumah penduduk yang ada di sejumlah wilayah.

BACA JUGA: Kampung Adat Miduan Cianjur, Surga Tersembunyi Jadi Pusat Lokasi Suting

Satu Warga Meninggal Dunia

0 Komentar