Alasan Ilmiah Mengapa Sapi Menangis Saat Kurban IdulAdha

Sapi menangis saat kurban
Sapi menangis saat kurban
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Perayaan Iduladha identik dengan prosesi penyembelihan hewan kurban seperti sapi, kambing, atau kerbau. Tak jarang banyak masyarakat yang mendapati sapi menangis saat kurban.

Salah satunya, seperti unggahan sebuah akun TikTok yang menunjukkan seekor sapi yang tengah duduk terikat tali mengucurkan air mata.

Rupanya terdapat penjelasan ilmiah, mengapa sapi seolah-olah menangis saat hendak disembelih. Lantas mengapa hal demikian bisa terjadi?

Baca Juga:Geger! Ponpes Al Kafiyah ‘Jual Jasa’ Tebus Dosa Rp30 Juta?Viral Wanita Jadi Imam Salat di Ponpes Al Kafiyah, Al-Zaytun Part 2?

Baca Juga: Cegah Kolesterol! Begini Cara Masak Daging Kurban, Ada Pakai Es Batu
Alasan Ilmiah Sapi Menangis Saat Kurban

1.Memiliki kelenjar air mata

Sebenarnya sapi atau hewan kurban lain tidak menangis karena akan dikurbankan. Sebab setiap spesies mamalia termasuk sapi dan hewan kurban lain memiliki kelenjar air mata.

Kelenjar air mata ini berfungsi untuk memproduksi air mata pada hewan. Sama halnya dengan manusia, kelenjar yang bernama lakrimal ini berada di kelopak mata bagian atas. Ia akan menyalurkan air ke bola mata sebagai upaya melembapkan.

2.  Fungsi kelenjar lakrimal pada hewan

Air mata pada hewan mengandung tiga komponen utama, yaitu air, protein, dan lendir. Protein memegang peran penting untuk melindungi permukaan mata dari patogen, menjaga kestabilan air mata, dan melakukan proses penyembuhan.

Secara umum cairan berfungsi untuk menjaga bola mata agar tidak iritasi. Kurang lebih sama dengan kelenjar air mata pada manusia.

Baca Juga: Tips Mencuci dan Merebus Daging Sapi Supaya Empuk

3. Sapi Memiliki Kelenjar Lakrimal Aktif

Berbeda dengan kambing, sapi dan unta bisa memproduksi air mata yang berlebihan. Mereka membutuhkan banyak cairan untuk melindungi mata dari iklim panas.

Air mata pada unta dan sapi sering kali mengalir keluar. Hal itu terjadi karena kedua hewan ini tidak memiliki lacrimal puncta, bagian mata yang menahan agar air mata tidak keluar.

Baca Juga:Cegah Kolesterol! Begini Cara Masak Daging Kurban, Ada Pakai Es BatuProfil Achmad Herlambang Alias Bambang Suami Hanum Mega

4. Air Mata Bisa Keluar Kapan Saja

Air mata hewan seperti sapi dan unta bisa keluar kapan saja, Namun secara umum, keluarnya air mata pada hewan menandakan terjadinya iritasi, inflamasi, atau infeksi pada mata.

Tidak seperti manusia yang bisa dengan mudah menjaga kebersihan (apalagi kita punya tangan yang bebas kita gerakkan), hewan sering bersentuhan dengan tanah, kotoran, debu, dan lain-lain.

0 Komentar