Taman Hutan Raya Ir Juanda, Wisata Murah di Bandung yang Recommended!

TAHURA
Doc : TAHURA
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Taman Hutan Raya Ir Juanda salah satu destinasi wisata populer yang berada di kawasan Bandung. Taman ini merupakan objek wisata legendaris dan banyak di kunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar kota Bandung.
Indonesia menyimpan beragam pesona alam yang luar biasa eksotis. Salah satu wilayah yang memiliki pesona eksotis sekaligus romantis yaitu Bandung.

Latar Belakang

Mengutip laman resmi Tahura Bandung, Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda yang merupakan bagian dari daerah cekungan Bandung, memiliki latar belakang sejarah yang erat kaitannya dengan zaman purba hingga sekarang. Secara geologis daerah ini mengalami perubahan yang disebabkan oleh gejolak alam dalam kurun waktu pembentukan alam semesta.

BACA JUGA :

Camping di Bukit Moko, Pemandangan Citylight Bandung yang Cantik!

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda awalnya merupakan bagian areal dari kelompok Hutan Lindung Gunung Pulosari yang berdasarkan Surat Keputusan Mentri Pertanian Nomor 575/Kpts/Um/8/1980 dirubah fungsinya menjadi Taman Wisata Alam (TWA) Curug Dago. Pada tanggal 14 Januari 1985 bertepatan dengan kelahiran Bapak Ir. H. Djuanda, TWA Curug Dago secara resmi berubah fungsi menjadi Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang merupakan Tahura pertama di Indonesia, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 1985.

Baca Juga:Heboh, Meta Blokir Konten Berita di Facebook dan Instagram Kanada!Wow YouTube Siapkan Fitur “Dubbing” Berbasis AI!

Daya Tarik

Taman hutan ini letaknya berada di Sub-Daerah Aliran Sungai Cikapundung dan Das Citarum. Membentang dari Curug Dago, Dago Pakar hingga mencapai Curug Maribaya.

Berada di lahan dengan luas 526.98 hektar yang ditanami pohon dengan jenis mencapai 2.500 variasi. Pepohonan tersebut didominasi oleh pinus, bambu, dan berbagai tumbuhan bawaan seperti Tekkan.

Tak hanya itu, terdapat pula berbagai fauna yang dilindungi seperti musang, tupai, ayam hutan, kera, burung kutilang dan kepondang. Ukuran taman yang terbilang sangat luas ini menampilkan panorama alam sangat memukau dengan suasana sejuk dan segar perbukitan.

HTM

Harga tiket masuk Taman Hutan Raya Ir Juanda untuk turis domestik dan turis asing di bedakan. Nah, bagi yang penasaran, berikut ini rincian harga yang wajib dibayarkan saat berkunjung ke Taman Hutan Ir Juanda.

0 Komentar