Wow YouTube Siapkan Fitur “Dubbing” Berbasis AI!

Youtube Dubbing
Doc : Youtube Dubbing
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Platform berbagi video, YouTube baru saja menghadirkan  fitur untuk dubbing audio atau sulih suara dengan berbagai bahasa. Fitur baru ini diharapkan bisa membantu konten kreator memperluas jangkauan penontonnya.

YouTube tengah menyiapkan fitur dubbing dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Menurut laporan The Verge, YouTube menggandeng Aloud untuk mempermudah kreator YouTube (YouTuber) menerjemahkan suara dari satu bahasa ke bahasa lain secara instan dan gratis.

Aloud ini adalah produk jebolan Area 120, ikubator internal Google untuk proyek eksperimental. Menurut laman resmi, Aloud membantu para kreator dengan mentranskripsikan, menerjemahkan, dan menarasikan video mereka.

Baca Juga:Tips Mengatasi iPhone Error Hanya Stuck di Logo AppleiPhone Masih Kukuh Tidak Mengizinkan Download Aplikasi di Pihak Ketiga

Dubbing

Dalam tahap awal, YouTube bisa men-dubbing video berbahasa Inggris ke bahasa lain seperti Indonesia, Portugis, Spanyol, dan Hindi.

Dalam sebuah video demonstrasi, setelah mendapatkan akses, kreator hanya perlu mengunggah video yang ingin di-dubbing. Kemudian, Aloud akan mentranskripsikan video. Pengguna bisa meninjau dan mengedit hasil transkripsi tersebut.

BACA JUGA :

Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel untuk Nonton Konser Coldplay di Singapura

Selanjutnya, transkrip itu akan terjemahkan ke bahasa yang di pilih pengguna, misalnya bahasa Indonesia. Nah, terakhir hasil terjemahan akan di narasikan dalam bahasa Indonesia oleh suara AI.

Daftar Akses

Saat ini, untuk bisa mencoba men-dubbing video dengan bantuan AI, kreator harus melakukan pendaftaran akses awal lewat lawan Aloud di URL .

Untuk mendaftar akses awal, pengguna perlu mengisi formulir daftar tunggu dengan memberikan informasi di antarnya alamat e-mail, URL channel YouTube, hingga jenis konten yang dibuat.

BACA JUGA :

3 Link Download Vidio dari YouTube Gratis Tanpa Aplikasi!

Menurut keterangan Wakil Presiden Manajemen Produk YouTube, Amjad Hanif, tools Aloud ini sedang diuji ke ratusan pengguna YouTube.

Namun, Hanif belum memberikan detail jadwal perilisan fitur dubbing bertanaga AI di YouTube untuk seluruh pengguna. Hanif juga mengungkapkan bahwa YouTube tengah berupaya agar audio dubbing yang dihasilkan bisa terdengar seperti suara kreator aslinya serta dubbing memiliki sinkronisasi bibir yang lebih baik, fitur-fitur tersebut rencananya akan hadir pada 2024.

0 Komentar