iPhone Masih Kukuh Tidak Mengizinkan Download Aplikasi di Pihak Ketiga

Appstore sideload
Doc : Appstore sideload
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Uni Eropa (UE) mendesak Apple untuk mengizinkan adanya toko aplikasi pihak ketiga di iPhone Juli 2022 lalu. Praktik ini umumnya terkenal dengan sebutan sideload. Desakan dari pihak UE pun mendorong Apple mengembangkan fitur sideload untuk iPhone.

Fitur Sideload

Dalam Developers Conference (WWDC) 2023, sistem operasi tersebut di laporkan masih belum ada sideload di iPhone.

Sideloading merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengunduh (download) aplikasi secara mandiri di luar toko aplikasi resmi bawaan, seperti Apple Store atau Google PlayStore. Mengingat Apple memiliki sistem keamanan yang ketat, fitur tersebut pun belum ada di iPhone.

BACA JUGA :

Sekarang Appstore Terdapat Iklan Mengikuti Jejak Xiaomi!

Baca Juga:Sekarang Appstore Terdapat Iklan Mengikuti Jejak Xiaomi!Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel untuk Nonton Konser Coldplay di Singapura

Menanggapi respons tersebut, Senior Vide President Software, Craig Federighi dalam acara John Gruber’s Talk Show menyatakan perusahaan ingin memastikan bahwa mereka melakukan keputusan yang terbaik untuk pelanggan dan tengah bekerja bersama Uni Eropa.

“Kami ingin memastikan bahwa apa yang kami lakukan adalah hal yang terbaik bagi pelanggan kami. Kami sedang bekerja sama dengan Uni Eropa untuk mendiskusikan terkait penyesuaian (yang ada),” ujar Craig.

Kendati tidak secara gamblang menyoroti fitur sideload di IOS 17, Craig menekankan Apple tengah bekerja sama untuk memenuhi kebijakan Uni Eropa. Beberapa pihak pun meyakini kuat bahwa diskusi tersebut berkaitan dengan perizinan toko aplikasi pihak ketiga di iPhone.

iOS 17

Seperti yang diketahui, iOS 17 versi beta sudah meluncur dan bisa coba oleh sejumlah pengguna. Pengguna yang berkesempatan mencoba fitur baru iOS 17 melaporkan bahwa sistem operasi tersebut masih belum mendukung sideload.

Rumor sideload di iOS

Pada 2022 lalu, jurnalis teknologi Bloomberg, Mark Gurman mengungkapkan bahwa proyek fitur sideloading di iOS akan di kembangkan oleh insinyur software Apple, Andreas Wendker.

Andreas bakal melaporkan segala macam bentuk kemajuan dari fitur tersebut langsung ke Craig, Jeff Robbin selaku ketua Service Manager Apple, dan Vice President of Serivice Apple, Eddy Cue.

Namun, tampaknya pengembangan proyek ini bukanlah suatu yang mudah.  Sistem Apple konon akan tetap memberlakukan persyaratan keamanan untuk aplikasi yang di distribusikan di luar Apple.

0 Komentar