Orang Cianjur Wajib Tahu Kecamatan Terluas di Wilayahnya

Orang Cianjur Wajib Tahu Kecamatan Terluas di Wilayahnya
Orang Cianjur Wajib Tahu Kecamatan Terluas di Wilayahnya
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Cianjur merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat. Cianjur merupakan Kabupaten terluas kedua di Jawa Barat setelah Kabupaten Sukabumi. Luas Kabupaten Cianjur mencapai 3.614.35 kilometer persegi atau sekitar 10.85 persen dari luas Provisi Jawa Barat.

Kabupaten Cianjur memiliki 32 kecamatan dan 360 Desa/Kelurahan yang tersebar di dalamnya. Dari banyaknya kecamatan ada 7 kecamatan dengan wilayah terluas di Kabupaten Cianjur.

Dilansir dari Kabupaten Cianjur Dalam Angka 2023 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), berikut adalah deretan kecamatan dengan wilayah terluas di Kabupaten Cianjur.

Baca Juga:4 Rekomendasi Toko Kosmetik Murah yang Ada di Shopee4 Rekomendasi Menu Indonesia Edisi Lebaran Idul Adha

BACA JUGA: VIRAL! Diancam Oknum Jaksa, Siswa SMP di Lahat Ngadu ke Presiden

Kecamatan Terluas di Cianjur

1. Kecamatan Cidaun

Kecamatan Cidaun memiliki luas wilayah yang mencapai 295,51 kilometer persegi dan menduduki urutan pertama sebagai daerah terluas di Cianjur.

Cidaun berbatasan langsung dengan Samudra Hindia yang memiliki wisata alam indah seperti pantai jayanti yang menjadi panorama khas Cianjur.

2. Kecamatan Naringgul

Luas wilayah kecamatan ini mencapai 281,32 kilometer persegi dan sudah masuk ke dalam kategori kecamatan terluas di Kabupaten Cianjur.

Naringgul memiliki keindahan Lembah Seribu Curug yang selalu menjadi buruan para wisatawan. Naringgul memiliki arti naik turun, hal ini dikarenakan keadaan tanah desa yang berbukit/naik-turun.

3. Kecamatan Cibinong

Cibinong merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Cianjur yang memiliki destinasi wisata dan kuliner terbaik, Cibinong di ambil dari kata ciyang berarti sungai dan binong yang memiliki arti pohon.

Kecamatan ini memiliki luas wilayah mencapai 235,48 kilometer persegi dan termasuk kecamatan terluas di Kabupaten Cianjur.

BACA JUGA: Jumlah Elang Jawa di Gunung Gede Capai 38 Ekor

Baca Juga:Resep Membuat Ayam McDonald Ala Rumahan5 Karakter Cowo Zodiak Pisces, Romantis Tapi Arogan

4. Kecamatan Pagelaran

Pagelaran memiliki suasana kota dan pedesaan yang sangat asri dan keren, banyak sekali wisata, kuliner bahkan kesenian yang sangat unik.

Kecamatan Pagelaran menjadi salah satu wilayah terluas yang mencapai 199,44 kilometer persegi di  Cianjur.

5. Kecamatan Agrabinta

Agrabinta menjadi salah satu kecamatan yang cocok untuk berburu pemandangan sunrise dan sunset, pasalnya kecamatan ini dikelilingi oleh beberapa wisata pantai yang indah.

Kecamatan dengan luas mencapai 192,65 kilometer persegi, Agrabinta terletak sekitar 130 km dari Kota  ke arah selatan.

0 Komentar