Wisata Leuwi Tonjong ala Jurrasic Park di Garut

Leuwi Tonjong
illustrasi : Google
0 Komentar

Surga Tersembunyi

Belum banyak yang tahu kalau Leuwi Tonjong yang tersembunyi di kaki Gunung Gong ini ternyata pernah mendapat pernghargaan dari Kementerian Pariwisata RI. Objek wisata ini menyabet juara dua sebagai ‘Surga Tersembunyi’ terbaik dari Kemenpar, julukan tersebut memang sangat tepat jika melihat kondisinya.

Untuk bisa mencapai lokasi, tidak sedikit tantangan yang harus dihadapi wisatawan, sulitnya akses jalan dengan minimnya petunjuk arah dan transportasi yang bisa digunakan. Wisatawan harus mengeluarkan usaha ekstra untuk bisa sampai ke sini, salah satunya banyak bertanya pada warga lokal.

Di samping itu, melintasi jalan setapak yang tidak lazim lalu menyeberangi hutan, melewati jalan sempit yang berbatu, curam, licin, bertangga-tangga, dan tanpa penyangga apapun. Oleh karena itu, kawasan ini biasanya menjadi tujuan wisata di kalangan pengunjung remaja dan dewasa yang menyukai tantangan.

Pesona Kenampakan Alam

Baca Juga:‘Garuda’ Lambang Negara Terinspirasi Elang Jawa BerjambulRekomendasi Tempat Wisata saat Libur Idul Adha 2023

Perjalanan yang melelahkan untuk bisa sampai ke sini akan terbayarkan dengan panorama
indah yang tersaji saat tiba di lokasi.

Tiket Masuk Leuwi Tonjong

  • Weekday Rp10.000
  • Weekend Rp15.000

Akses Ke Leuwi Tonjong

Tempat wisata ini memang menawan, namun belum ada akses jalan yang memudahkan pengunjung. Karena lokasinya berada di tengah hutan, wisatawan harus menggunakan ojek dengan jenis motor yang kuat untuk melintasi jalan setapak menuju Leuwi Tonjong.

Setelah turun dari ojek, perjalanan selanjutnya hanya bisa dengan berjalan kaki. Jalan setapak yang dilalui cukup licin, curam, dan kadang berupa anak tangga yang tidak memiliki pegangan.

Siapkan kondisi fisik karena butuh waktu sekitar 30 menit berjalan kaki untuk bisa sampai di lokasi. Jangan lupa untuk menyiapkan perbekalan yang cukup serta tetap memerhatikan keamanan selama di perjalanan.

Fasilitas Leuwi Tonjong

Baik sarana maupun prasarana yang tersedia memang belum mencukupi. Akses jalannya masih sulit, area parkir terbatas, serta minim petunjuk jalan. Namun, sudah terdapat fasilitas umum seperti toilet, warung, dan mushola sederhana di lokasi.

Lokasi Leuwi Tonjong

Objek wisata ini berada di Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

0 Komentar