Inilah Penyebab Munculnya Stretch Mark

Inilah Penyebab Munculnya Stretch Mark
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Munculnya stretch mark adalah peningkatan hormon secara tiba-tiba dan riwayat keluarga yang pernah mengalami kondisi ini. Untuk itu penting bagi setiap orang mengetahui penyebab-penyebab munculnya stretch mark agar bisa diantisipasi.

Kemunculan stretch mark bisa ditandai dengan adanya garis berwarna merah, ungu muda, cokelat kemerahan, atau cokelat pada kulit disertai rasa gatal. Meski tak berbahaya, kondisi ini bisa mengganggu penampilan sehingga menurunkan kepercayaan diri.

BACA JUGA: Ini Cara Menghilangkan Stretch Mark yang Ampuh

Berikut ini peyebab munculnya stretch mark.

1. Obesitas

Obesitas yang terjadi secara singkat memicu munculnya stretch mark pada kulit. Umumnya akan muncul dibagian paha, pantat, dan area perut.

Baca Juga:Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara AlamiIni Cara Menghilangkan Stretch Mark yang Ampuh

2. Pertumbuhan saat masa puber

Kondisi ini biasanya terjadi pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan yang cepat mengalami pertumbuhan tinggi, berat badan ataupun pengurangan.

3. Konsumsi obat dengan kadar Steroid

Kandungan steroid dapat memengaruhi tingkat hormon tertentu sehingga tubuh mengalami peregangan dan muncul stretch mark.

4. Konsumsi obat dengan kadar Steroid

Kandungan steroid dapat memengaruhi tingkat hormon tertentu sehingga tubuh mengalami peregangan dan muncul stretch mark.

5. Melahirkan

Saat sedang hamil, biasanya kulit pada bagian pinggang akan mengalami peregangan sehingga saat melahirkan dan perut mengecil akan muncul stretch mark di bagian pinggang.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

Kondisi ini hanya dialami orang yang memiliki sedikit kandungan kolagen atau protein di kulitnya. Stretch mark umumnya terjadi disaat pertumbuhan tubuh lebih cepat dari perkembangan dan elastisitas kulit.

Ketika kulit meregang dengan cepat akibat anggota tubuh mengembang atau pertambahan berat badan, lapisan tengah kulit dermis akan menipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan. Kondisi inilah yang disebut stretch mark.

BACA JUGA: Laporan Video Syur, Bareskrim Akan Panggil Rebecca Klopper

Dilansir dari laman American Academy of Dermatology, faktor yang berperan penting munculnya stretch mark adalah peningkatan hormon secara tiba-tiba dan riwayat keluarga yang pernah mengalami kondisi ini. Untuk itu penting bagi setiap orang mengetahui penyebab-penyebab munculnya stretch mark agar bisa diantisipasi.

0 Komentar