Tips Mengurangi Nyeri Haid Tanpa Minum Obat Kimia

Tips Mengurangi Nyeri Haid Tanpa Minum Obat Kimia
Ilustrasi: Freepik
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Menstruasi atau haid sebuah proses keluarnya darah dan sel telur yang tidak dibuahi di vagina.  Proses ini berlangsung secara kontinyu setiap bulannya, yang terkadang terasa nyeri. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi nyeri haid.

Bila merasa terganggu dengan nyeri haid, kamu bisa melakukan cara-cara berikut untuk meredakannya:

1. Berikan kompres hangat pada perut
Menempelkan kompres hangat ke area perut dan punggung bagian bawah selama 15 sampai 20 menit, sebanyak 3 kali sehari. Cara ini efektifnya dengan obat pereda nyeri, seperti paracetamol dan ibuprofen.

Baca Juga:Tips Menjaga Kesehatan Untuk Para Jamaah Haji Tahun IniCatat! Makanan Sehat Ibu Hamil yang Enak Gak Bikin Mual

2. Lakukan pijatan lembut
Lakukanlah pijatan dengan gerakan melingkar di perut yang terasa nyeri selama sekitar 5 menit. Untuk minyaknya bisa menggunakan campuran minyak kelapa atau minyak jojoba dengan minyak esensial, seperti lavender, cengkeh, dan kayu manis.

3. Hindari makanan dan minuman tertentu
Selama menstruasi, sebaiknya menghindari atau membatasi asupan beberapa makanan yang bisa menyebabkan perut kembung dan kelebihan cairan tubuh, seperti makanan berlemak, minuman berkafein dan berlkohol, minuman bersoda, serta makanan asin.

0 Komentar