Siap Wujudkan Rumah Tahan Gempa Untuk Masyarakat Cianjur

Siap Wujudkan Rumah Tahan Gempa Untuk Masyarakat Cianjur
Ilustrasi: Dokumentasi Dedys Sutisna
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – SMF akan wujudkan rumah tahan gempa bagi masyarakat Cianjur. Bagaimana penjelasan selengkapnya?

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF berkomitmen untuk membantu program perbaikan rumah masyarakat Cianjur yang rusak terdampak gempa bumi yang terjadi pada November tahun lalu.

Siap-siap Dine in di McD Cianjur, Begini Cara Pesan McDonalds Melalui Menu Layar Sentuh!

Baca Juga:PEVS 2023 Sukses Digelar, PLN Siap Dukung Ekosistem Molis Tumbuh Subur di Tanah AirKhitan Modern di Klinik Nur Asyifa

Wujudkan Rumah Tahan Gempa di Cianjur

Dalam kesempatan tersebut Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo bersama Ketua Umum ASPRUMNAS, M. Syawali berkesempatan berkeliling meninjau lokasi workshop pembuatan RUSPIN. Teknologi RUSPIN merupakan model rumah hasil pengembangan Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Permukiman Kementerian PUPR.

Melalui kerja sama ini SMF nantinya akan menyediakan dukungan pendanaan yang akan disalurkan melalui lembaga keuangan atau lembaga keuangan syariah untuk mendukung pembangunan RUSPIN bagi masyarakat yang rumahnya rusak akibat gempa. Gempa bumi berkekuaran 5,6 magnitudo menerjang Cianjur pada tahun 2022 lalu, dan mengoyak-ngoyak permukiman warga. Data dari BNPB menyebutkan bahwa lebih dari 56 ribu rumah warga rusak akibat gempa, baik rusak berat, maupun ringan.

Pengaplikasian RUSPIN diharapkan menjadi solusi dalam merevitalsiasi perumikan warga yang terdampak tersebut. RUSPIN merupakan teknologi rumah rangka pracetak dengan sistem panel yang menggunakan sambungan baut sehingga dapat dipasang secara cepat, dan ekonomis sehingga terjangkau bagi masyarakat yang membutuhkan. Teknologi ini merupakan pengembangan dari model sebelumnya yakni RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat). Oleh karenanya rumah ini mempunyai banyak kelebihan seperti sederhana, cepat, fleksibel, kuat, serta memiliki bentuk yang menarik. Selain itu kekuatan RUSPIN telah teruji tahan bediri di berbagai wilayah terdampak gempa di Indonesia.

0 Komentar