Tips Merebus Daun Singkong Tetap Hijau Segar

Tips Merebus Daun Singkong Tetap Hijau Segar
Tips Merebus Daun Singkong Tetap Hijau Segar
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Banyak sekali masakan khas Indonesia yang menggunakan daun singkong yang begitu populer dan disukai masyarakat.

Daun singkong menjadi bahan masakan yang cukup digemari orang banyak, bisa dimasak menjadi tumisan, sayur kuah, lalapan, atau dengan campuran bumbu dan rempah lainnya.

 

Merebus daun singkong sebenarnya mirip dengan teknik menggodok bahan makanan pada umumnya. Bedanya, proses perebusan daun singkong bisa berpengaruh pada hasilnya.

Baca Juga:Resep Pare Isi Daging, Gak Pahit Sama SekaliTips Hilangkan Rasa Pahit Pada Pare

Jika metodenya kurang tepat, daun singkong yang semula hijau segar bisa berubah hitam dan menurunkan selera makan. Ada cara yang efektif untuk merebus daun singkong dan menjaga warnanya tetap hijau segar dengan cara sebagai berikut:

Pertama, siapkan air rebusan dan pastikan air rebusan mendidih sempurna. Jika sudah mendidih sempurna, panas air ada di titik maksimal masukkan daun singkong yang sudah dipetik batangnya dan dicuci bersih. Tekan dan aduk sampai seluruh daun singkong terendam sempurna.

 

Ketiga, masukkan sendok atau garpu berbahan logam pastinya terendam dengan air dan daun singkong lalu rebus bersamaan beberapa menit.

Mengapa demikian karena bahan logam membuat laju oksidasi (penyebab daun berubah warna) daun singkong berjalan lambat saat perebusan, sehingga walau di rebus daun singkong tetap akan berwarna hijau segar.

 

Angkat daun singkong dan langsung masukkan ke air es atau dingin. Hal itu bertujuan untuk menghentikan proses pemanasan di dalam daun singkong sehingga tidak akan terlalu lunak.

0 Komentar