Bupati Cianjur: Jalur Puncak 2 Bisa Mengatasi Kemacetan

Bupati Cianjur: Jalur Puncak 2 Bisa Mengatasi Kemacetan
JALAN PUNCAK 2: Beginilah salah satu bagian kondisi jalur alternatif Puncak II di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas. Tahun ini Pemkab Cianjur anggarkan Rp5 miliar untuk membangun jalan tersebut.(dok/cianjur ekspres)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Sambut baik jalur Puncak 2 masuk dalam proyek nasional, Bupati Cianjur Herman Suherman menegaskan bisa mengatasi kemacetan dan terbuka besar masuknya investasi.

Menurut Herman, dibangunnya Puncak 2 sangat luar biasa. “Luar biasa, itu bisa mengatasi kemacetan jalur Puncak 1, kedua ekonomi Cipanas bisa tumbuh bangkit, karena apa, karena orang dari Jakarta, dari mana-mana pasti ke Cipanas,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Rabu (5/4).

Terlebih Herman mengungkapkan, di wilayah Cipanas banyak tempat wisata dan villa yang selama ini kurang efektif karena di perjalanan dari luar ke Cianjur yang lama.

Baca Juga:Gelar Apel Siaga, PLN Siapkan Enam SPKLU di Cianjur saat MudikSekda Cianjur: Open Bidding Sedang Pengajuan Izin ke KASN

“Dengan adanya ini pasti rame Cipanas. Sehingga dengan ramainya Cipanas akan meningkat, rumah makan dan sebagainya. Intinya ekonomi masyarakat bisa tumbuh kembali,” kata dia.

Investasi bisa ramai, lanjut dia, walaupun di Cipanas ada beberapa zona, zona B3 yang di larang, jadi terbuka besar peluang investasi. Bisa mengurai kepadatan, Puncak 1 bisa lancar kendaraan.

“Yang harus disiapkan pertama menyiapkan lahan tanah. Kalau Cianjur kan kebanyakan MPM itu dari Kementerian ATR/BPN. Mungkin penerima maaf itu paling besar Cianjur, dari dibangunnya jalan itu dampaknya,” tegasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan jalur Puncak 2 akan segera dibangun oleh pemerintah pusat.

“Ada berita baik, jalur Puncak 2 itu sudah diangkat sebagai proyek nasional,” kata Ridwan Kamil.

Menurutnya saat ini pemerintah sedang menghitung nilai investasi dan mencari investor untuk pembangunan proyek jalan penghubung Bogor-Cianjur sebagai solusi kemacetan di Jalan Raya Puncak.

“Alternatif Puncak yang selama ini tidak ada solusi, InsyaAllah walaupun mungkin butuh waktu ya sudah mulai disurvei, dikerjakan, dihitung anggarannya,” ujar pria yang akrab disapa Kang Emil.

Baca Juga:Kolaborasi Pentahelix Optimalisasi Pendapatan Pajak DaerahDiskuperdagin Cianjur Pastikan Stok Bapokting Aman Selama Ramadan hingga Lebaran

Jalur Puncak 2 akan dibangun sepanjang 62,8 kilometer terdiri 48,7 kilometer masuk wilayah Kabupaten Bogor dan 18,5 kilometer berada di wilayah Cianjur.

Jalan yang akan dibangun mulai dari kawasan Sentul-Hambalang-Sukamakmur-Cipanas. (dik/sri)

0 Komentar