Perhatian, Ini Perubahan Jadwal Libur dan Cuti Bersama Idul Fitri 2023

Jadwal Libur dan Cuti Idul Fitri 2023 terbaru
Jadwal Libur dan Cuti Idul Fitri 2023 terbaru
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUREKSPRES-  Catat berikut perubahan jadwal libur dan cuti bersama Idul Fitri 2023.

Pemerintah melakukan perubahan jadwal libur dan cuti bersama guna mengantisipasi adanya penumpukan mudi Idul Fitri 2023.

Sebelumnya penetapan jadwal libur dan cuti bersama sudah ditetapkan dari beberapa bulan yang lalu.

Baca Juga:4 Klarifikasi Sekda Riau yang Dianggap ‘Silat Lidah’ Karena Tak Masuk AkalViral, Rachel Vennya ‘Ngamuk’ Disebut Puber Kedua Tiap Dekat Dengan Pria

Mulanya libur cuti bersama Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriayah jatuh mulai tanggal 21 hingga 26 April 2023.

Setelah dikaji ulang, tanggal tersebut dirasa terlalu mepet dengan lebaran sehingga dikhawatirkan terjadi kepanikan dan penumpukan pemudik.

Diperkirakan lebaran tahun ini akan terjadi lonjakan pemudik, mengingat kondisi yang dinilai sudah aman dari Covid-19 dibanding yang terjadi beberapa tahun lalu.

Atas dasar pertimbangan tersebut, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan mengumumkan adanya perubahan jadwal libur dan cuti bersama yang dimajukan 2 hari.

Sehingga menjadi tanggal 19 April hingga 25 April 2023. Jadi, cuti bersama dan libur lebaran Idul Fitri 1444 H akan berlangsung selama 7 hari.

“Kalau sekarang cutinya sesuai SKB (Surat Keputusan Bersama) 21-26 April. Kami tadi bersama Kapolri mengusulkan liburnya maju 2 hari, jadi tanggal 19 sudah libur, tanggal 20 libur, tapi masuk tanggal 26 (April),” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, setelah rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat 24 Maret 2023.

Lebih lanjut Budi Karya menjelaskan, bila jadwal tidak diubah, maka diperkirakan akan terjadi penumpukan mudik pada tanggal 21 dan 22.

Baca Juga:Sosok Nuri Viral di Twitter ‘Gatalin’ Kekasih Orang, Faktanya Bikin Netizen GeramBeda Senjata Api dan Senapan Angin Seperti yang Dibawa Sekum MUI Sukabumi

“Dengan dimajukan itu, pemudik bisa jalan tanggal 18 sore, tanggal 19, 20, 21 ada 4 hari mereka mudik,” tambahnya.

“Sedangkan (arus) balik bagi mereka yang berkeinginan cuti panjang bisa sampai tanggal 30-31 (April), itu keputusan yang diambil dari diskusi yang cukup efektif,” Pungkasnya.

Dengan demikian, perubahan jadwal libur dan cuti bersama Idul Fitri 2023 diharapkan dapat mengurai kepadatan arus mudik Lebaran tahun 2023.

 

0 Komentar