Menhub Jelaskan Alasan Presiden Jokowi Tambah Cuti Lebaran

Menhub Jelaskan Alasan Presiden Jokowi Tambah Cuti Lebaran
Instagram @jokowi
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES- Presiden Jokowi memutuskan untuk menambah jumlah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 2023. Cuti bersama ini bertambah dua hari.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi mengumumkan hal tersebut usai menghadiri rapat terbatas (ratas) dengan Presiden Jokowi, Jumat (24/3/2023) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Jokowi Tegaskan Jabatan Kades 6 Tahun

Alasan Presiden Jokowi Tambah Cuti Bersama Lebaran 2023

Surat Keputusan Bersama (SKB) sebelumnya menetapkan cuti bersama Lebaran 2023 sepanjang enam hari. Mulai dari tanggal 21 April-26 April 2023. Akan tetapi, Budi menyatakan kini cuti libur Lebaran dimajukan mulai dari 19 April 2023.

Baca Juga:MU Mulai Bidik Moussa Dembele untuk Jadi Pengganti Anthony MartialBegini Pesan Erick Thohir Usai Indonesia Berhasil Taklukan Burundi

Menurutnya keputusan ini mempertimbangan potensi adanya lonjakan volume pemudik, usai Jokowi mencabut Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akhir tahun lalu.

Budi menjelaskan bahwa pada mudik Lebaran tahun ini diprediksi terjadi kenaikan pemudik dari 85 juta orang menjadi 123 juta orang.

Tiket KAI Mudik Lebaran 2023 Gratis, Masih Ada Sisa!

“Dengan volume yang banyak dan kalau itu tertuju tanggal 21, maka akan terjadi penumpukan luar biasa,” tambahnya.

Budi mengungkapkan dengan bertambahnya jatah cuti bersama, maka pemudik bisa memulai perjalanan di tanggal 18 sore, 19, 20, dan 21 April.

Sementara itu bagi pegawai swasta maupun pegawai negeri sipil (PNS) yang akan mengambil cuti panjang, bisa sampai tanggal 30 April 2023.

“Itu keputusan yang diambil diskusi yang cukup efektif,” ucapnya.

Hasil Sidang Isbat, Hari Raya Idulfitri 1443 H Jatuh pada Senin 2 Mei 2022

“Karena diputuskan dalam ratas, ini secara de facto sudah terjadi, tinggal de jure kami akan menyampaikan usulan kepada Pak Presiden dan kami akan rapat dengan kementerian terkait,” jelasnya.

Baca Juga:Usai Ketahuan Melakukan Aksi Eksibisionisme, Kyle Walker Kini Kepergok Ketemu Mantan PacarLayaknya FTV, Rupanya Kisah Cinta Cristiano Ronaldo dan Georgina Bersemi Karena Sekaleng Minuman!

Selain itu, Budi pun mengimbau untuk para pengusaha untuk memberikan THR lebih awal kepada para pegawainya. Hal ini agar mereka sudah mendapatkan THR sebelum melakukan mudik lebaran.

0 Komentar