Peningkatan Ruas Jalan Sinagar-Cipelah Diharapkan Dongkrak IPM dan Menunjang Wisata Curug Citambur

Peningkatan Ruas Jalan Sinagar-Cipelah Diharapkan Dongkrak IPM dan Menunjang Wisata Curug Citambur
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Bupati Cianjur, Herman Suherman, berharap, peningkatan ruas jalan Sinagar-Cipelah di wilayah Kecamatan Tanggeung dan Pasirkuda bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari mulai pendidikan, kesehatan dan ekonomi termasuk menunjang sektor wisata Curug Citambur.

Peningkatan ruas jalan Sinagar-Cipelah sepanjang 18 km dengan cara beton dan lebar 4 meter serta tebal 20 cm tersebut dibangun menggunakan dana pinjaman daerah yang memakan anggaran hampir Rp50 miliar dibagi dalam 2 paket.

“Harusnya ditangani tahun 2020, karena ada Covid-19 sehingga kebijakan pemerintah pusat di refocusing, jadi tertunda selama 3 tahun,” kata Herman usai melakukan pembetonan pertama ruas jalan Sinagar-Cipelah, Selasa (21/3).

Baca Juga:PT CSM Jadi Asesor Uji Kompetensi Keahlian ATPH Siswa SMKN 1 KarangtengahKeutamaan Haji, Sabar dan Usaha Jadi Kuncinya

“Di 2023 kita laksanakan kembali, tahun kemarin kita tangani sekitar 2 km. Berharap bisa meningkatkan IPM, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan menunjamg wisata Curug Citambur,” sambungnya.

Selain itu, ungkap Herman, sudah dipasang Penerangan Jalan Umum (PJU) sebanyak 300 titik, sehingga pada malam hari di ruas Jalan Sinagar-Cipelah menjadi terang.

“Saya nitip ke warga masyarakat nanti pemeliharaannya kalau ada air yang tersumbat tolong dibenerin, ada longsor sedikit dibenerin. Jangan sampai menunggu kebijakan pemerintah, tangani oleh masyarakat, sehingga ada kolaborasi antara pemerintah dengan masyarakat jalan ini bisa tahan sampai 20 tahun,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, menjelaskan, pengerjaan peningkatan empat ruas jalan di wilayah Cianjur Selatan termasuk Sinagar-Cipelah dilakukan secara bertahap karena rekanan memerlukan waktu untuk mobilisasi.

“Jadi tidak serta merta sekarang diresmikan besoknya berlanjut, tapi secara kontrak memang sudah di mulai. Pada umumnya kontraktor perlu waktu dulu untuk mobilisasi peralatan dan material,” katanya.

Eri mengatakan, pengerjaan peningkatan empat ruas jalan di wilayah Cianjur Selatan rata-rata sampai Desember 2023.

Keempat ruas jalan yang sudah dilakukan pencanangan untuk dilakukan peningkatan dengan betonisasi diantaranya, ruas jalan Banyuning-Cimaragang-Cibuluh-Mekarjaya-Londok di Kecamatan Cidaun.

Baca Juga:Pemkab Cianjur Raih Penghargaan Bogor Customs Award 2023Diskuperdagin Cianjur Bantu Pelaku UMKM Desa Cimaragang

Lalu ruas jalan Sumur-Cukanggaleuh-Padaasih-Cibungur di Kecamatan Tanggeung dan Cijati. Kemudian ruas jalan Sinagar-Cipelah di Kecamatan Tanggeung dan Pasirkuda.

0 Komentar