500 WNI Berada di Wilayah Terdampak Gempa Turki

500 WNI Berada di Wilayah Terdampak Gempa Turki. (pixabay)
500 WNI Berada di Wilayah Terdampak Gempa Turki. (pixabay)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – 500 WNI berada di wilayah terdampak gempa Turki.  Jumlah Warga Negara Indonesia tersebut dilaporkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara.

Menurut KBRI Ankara adapun wilayah Turki yang terdampak gempa besar tersebut merupakan daerah perbatasan antara Turki dan Suriah. Dimana, 500 WNI berada di wilayah terdampak gempa Turki tersebut.

Adapun wilayah yang terdampak gempa meliputi 12 daerah di antaranya Adana, Adıyaman, Kahramanmaraş, Gaziantep, Diyarbakır, Hatay, Kilis, Şanliurfa, Malatya, Osmaniye, Elazig, Elbistan. Dan 500 WNI tadi tersebar dibeberapa wilayah itu.

Baca Juga:Gempa Papua Telan 4 Korban Jiwa5 Tips Sehat dan ‘Full Senyum’

Berdasarkan data yang dihimpun pihak KBRI, sedikitnya 3 WNI mengalami luka akibat bencana gempa Turki.

“Sejauh ini dari sekitar 500 WNI di sekitar lokasi gempa Turki, 3 orang terluka dan sudah ditangani di rumah sakit terdekat,” ungkap KBRI Ankara, dalam keterangan resminya.

Ratusan WNI tersebut kebanyakan adalaha pelajar, pekerja spa terapis, pasangan yang menikah dengan warga setempat, dan pekerja di organisasi internasional yang beroperasi di perbatasan Turki-Suriah.

Banyaknya aparteman yang mengalami kerusakan di wilayah Kahramanmaras, mengakibatkan para WNI terpaksa meninggalkan tempat tinggalnya.

KBRI Ankara saat ini tengah mengupayakan rumah penampungan sementara sambil menunggu penanganan dari otoritas setempat.

Selain itu KBRI Ankara juga terus melakukan kordinasi dengan pemerintah setempat untuk memastikan ratusan WNI yang ada di lokasi gempa dalam keadaan baik-baik saja.

Dari data Kementerian Luar Negeri Indonesia saat ini tercatat 6500 WNI tinggal di sejumlah kawasan di Turki.

Baca Juga:Jembatan Penghubung 3 Desa Kondisinya MemprihatinkanBripda HS Terlibat Pembunuhan, Penipuan dan Judi Online

Penyebaran WNI tersebut hampir 90 persen tinggal di kawasan Marmaris yang meliputi daerah Istanbul, Bursa, Kocaeli, Canakkal, Kirklareli), Anatolia Tengah (Ankara, Syakarya, Karabuk, Kastamonu, Zonguldak, Samsun, Barten, Afyon, Kutahya, Eskisehir) dan Agean (Isparta, Antalya, Izmir, Bodrum, Mugla.

Sedangkan para WNI yang tinggal di wilayah tersebut tidak terkena dampak gempa dan semuanya dalam keadaan aman.

0 Komentar