Gempa Papua Telan 4 Korban Jiwa

Gempa Papua telan 4 Korban jiwa. (pixabay)
Gempa Papua telan 4 Korban jiwa. (pixabay)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Gempa Papua telan 4 korban jiwa. Gempa berkekuatan magnitudo 5,4 mengguncang wilayah Kota Jayapura, Papua, pada Kamis 9 Februari 2023 petang Waktu Indonesia Timur.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Kota Jayapura melaporkan, dalam gempa Papua ini setidaknya ada empat orang tewas akibat gempa yang mengguncang pada pukul 15.28 WIT tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Jayapura Asep Khalid menjelaskan empat korban jiwa itu ditemukan dibawah reruntuhan bangunan rumah makan atau kafetaria yang roboh.

Baca Juga:5 Tips Sehat dan ‘Full Senyum’Jembatan Penghubung 3 Desa Kondisinya Memprihatinkan

Asep menuturkan letak cafetaria tersebut berada di atas perairan di kawasan Kota Jayapura, sehingga proses evakuasi dilakukan tim ahli untuk menyelam.

“Kafe ada yang roboh dan di situ ada empat meninggal. (Para korban) Ada di kafe, guncangan lalu roboh. Roboh lalu (para korban) tertindih. Langsung jatuhnya ke laut bangunannya. Bangunannya ada di pinggir talud ,” ungkap Asep dalam keterangan tertulis yang diterima dari Plt Kapusdatin BNPB Abdul Muhari.

Asep menambahkan, guncangan gempa dirasakan cukup kuat selama 2-3 detik, dan membuat masyarakat dilanda kepanikan serta berhamburan keluar rumah.

Ia juga menuturkan, saal melaporkan kondisi pasca gempa ia masih merasakan gempa susulan yang kembali terjadi.

“Gempabumi tadi dirasakan kuat selama 2-3 detik. Ini sekarang terasa guncangan gempabumi sedang berjalan,” jelasnya.

Asep juga melaporkan sejumlah bangunan mengalami kerusakan akibat gempa. Dan hingga kini, pihaknya masih melakukan pendataan terkait kerusakan dan kemungkinan bertambahnya korban baik meninggal dunia atau pun luka akibat gempa tersebut.

Selain merusak rumah warga, kantor Walikota Jayapura dan Mall Jayapura dilaporkan mengalami rusak ringan.

Baca Juga:Bripda HS Terlibat Pembunuhan, Penipuan dan Judi OnlineRatusan Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur Selesai Dibangun

“Sementara dari data yang kami dapat di lapangan itu kantor Wali Kota Jayapura mengalami keretakan dan Mall Jayapura juga,” ujarnya.

Pihak BPBD mengimbau warga agar tetap menghindari bangunan berlantai untuk mengantisipasi gempa susulan.

0 Komentar