Jembatan Penghubung 3 Desa Kondisinya Memprihatinkan

Jembatan penghubung 3 desa kondisinya memprihatinkan. Jembatan Leuwi Keris sendiri berada di Desa Cibanggala,  Kecamatan Campaka Mulya.. (zan)
Jembatan penghubung 3 desa kondisinya memprihatinkan. Jembatan Leuwi Keris sendiri berada di Desa Cibanggala,  Kecamatan Campaka Mulya.. (zan)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Jembatan penghubung 3 desa kondisinya memprihatinkan. Jembatan Leuwi Keris sendiri berada di Desa Cibanggala,  Kecamatan Campaka Mulya.

Salah satu jembatan penghubung tiga desa di Kecamatan Campaka Mulya itu miring hingga 30 derajat.

Padahal jembatan penghubung tersebut merupakan akses yang menghubungkan antara Desa Cibanggala, Desa Sukasirna, dan Desa Sukabungah.

Baca Juga:Bripda HS Terlibat Pembunuhan, Penipuan dan Judi OnlineRatusan Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur Selesai Dibangun

Camat Campaka Mulya, Chandra Kusumah mengungkapkan, jembatan setinggi lima meter yang melintasi Sungai Cisokan tersebut sudah miring sejak dua tahun lalu.

“Jembatan Leuwi Keris itu sudah miring sejak dua tahun lalu gara-gara diterjang banjir bandang yang mengikis pondasi jembatan,” ungkap Chandra.

Chandra menuturkan, pihaknya telah berulang kali mengajukan perbaikan Jembatan Leuwi Keris dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) baik di tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten.

Namun, hingga kini hasilnya masih nihil.

“Dinas terkait sudah lakukan survey. Tapi realisasinya tidak ada sampai sekarang. Tahun ini (2023) pun juga begitu. Tidak ada kabar rencana perbaikan jembatan itu,. Beberapa waktu lalu juga kita usulkan untuk rencana pembangunan di 2024, tapi kan warga maunya segera diperbaiki,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, dengan kemiringan hingga 30 derajat dan daya tahan beban hanya satu ton dinilai sangat berbahaya.

Padahal, jembatan tersebut masih jadi pilihan  warga sebagai akses utama dari Desa Sukasirna, Desa Sukabungah ke jalur utama Kecamatan Campaka Mulya karena jarak tempuh yang lumayan dekat.

Chandra khawatir, jika terus dibiarkan Jembatan Leuwi Keris bisa ambruk total jika diterjang banjir lagi.

Baca Juga:Satu WNI Dilaporkan Tewas Akibat Gempa TurkiHarga Beras Mahal Akibat Musim Paceklik

“Kan pondasinya sudah rusak sejak dua tahun. Kalau ada banjir lagi, sangat berisiko ambruk total,” kata dia.

Dari pantauan Cianjur Ekspres, jembatan sepanjang kurang lebih 10 meter tersebut membentang dari barat ke timur melintasi Sungai Cisokan, miring kearah selatan.

0 Komentar