10 Lagu ini Cocok untuk Self Healing dengan Lirik dan Pesan yang Kuat Mengenai Kehidupan

CIANJUREKSPRES – Lagu tentang kesehatan mental dari musisi yang dapat menumbuhkan kesadaran dan penerimaan terhadap kondisi yang sedang dihadapi. Karya-karya tersebut di antaranya membahas mengenai terapi, depresi, kegelisahan, kecemasan, dan lain sebagainya.

Banyak musisi populer membuat lagu kesehatan mental, hal ini untuk membahas masalah kesehatan mental di setiap lirik-lirik lagunya. Tujuannya sebagai pengingat bagi pendengar untuk terus berjuang melalui segala persoalan dalam hidup dan meyakini bahwa mereka tidak sendiri.

BACA JUGA : Lirik Lagu VIBE Jimin Feat Taeyang

Lagu kesehatan mental, Berikut beberapa rekomendasi lagu yang mengangkat tema kesehatan mental dengan lirik dan pesan yang kuat mengenai kehidupan.

1. Yura Yunita – Tenang

Lagu kesehatan mental berjudul  ‘Tenang’ yang dinyanyikan Yura Yunita bercerita tentang refleksi diri. Sebuah keadaan di malam hari yang sunyi, saat di mana manusia gelisah akan pikiran tentang banyak hal yang menghantui. Akibatnya, tiada rasa kantuk karena hanya isi kepala yang sibuk.

Namun demikian, lanjutan lirik ‘Tenang’, yakni terutama bagian Reff, membahas soal puncak dari perenungan diri yang sudah terlanjur kalut. Tokoh ‘aku’ dalam lagu itu, meminta ketenangan pada sang Pencipta, agar malamnya menjadi damai dan hilang pergolakan diri.

2. Isyana Sarasvati – untuk hati yang terluka

Lagu ‘Untuk Hati yang Terluka’ yang dinyanyikan Isyana Sarasvati juga menjadi lagu pengingat, sekaligus pemberi semangat untuk orang-orang yang sedang menghadapi kegagalan. Seperti kata pepatah yang sering disebut, “Bintang hanya bisa bersinar di gelapnya malam.”

Terkadang, kita perlu merasakan kegelapan agar bisa bersinar lebih terang dengan titik terang yang baru. Gagal pun bukan berarti mimpi-mimpimu telah usai. Kita harus bangkit kembali; dan jangan terobsesi dengan mimpi lama yang dipaksakan.

BACA JUGA : Manisnya Jatuh Cinta, Lirik Lagu Rose D.O. EXO dan Terjermahannya

3. Tulus – Diri

Lagu kesehatan mental ‘Diri’ milik Tulus memiliki pesan moral yang amat kuat. Terkadang, dalam mengejar impian dan cita-cita, kita sebagai manusia sering berupaya terlalu keras. Akibatnya, secara tidak sadar kita jadi menyiksa diri sendiri di balik kata usaha.

Sesekali, ucapkanlah terima kasih kepada diri sendiri karena telah berusaha sejauh ini. Tak ada hal yang lebih penting daripada diri sendiri, sehingga sudah seharusnya untuk berbaik hati pada diri.

4. Kunto Aji – Rehat

Lagu kesehatan mental ‘Rehat’ oleh Kunto Aji mengingatkan bahwa setiap hal yang terjadi luar rencana, bukan salah kita. Semua telah ditentukan, dan manusia hanya bisa berencana. Usahakan jangan berhenti pada ketidaksesuaian rencana.

Hilangkan juga pikiran-pikiran yang tidak pasti. Jangan khawatir akan masa depan, jalanilah hari ini yang bisa menjadi penentu masa depan.

5. Ardhito Pramono – fine today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *