Menyantap Nasi Liwet Jantung Pisang Sambil Memandang Samudra Hindia

nasi liwet jantung pisang
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Kabupaten Cianjur menyimpan banyak sekali potensi wisata alam yang di dalamnya terdapat sajian kuliner khas, salah satunya nasi liwet. Selain di Cianjur bagian utara yang banyak pilihan tempat makan atau sekedar nongkrong, di Cianjur selatan pun tak kalah banyak tempat wisata yang menawarkan aneka kuliner andalan.

Salah satunya terdapat di lokasi Wisata Alam Gunung Pabeasan, di Desa Malati Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur. Di tempat ini ada sajian nasi liwet yang diolah dengan jantung pisang, khas Gunung Pabeasan.

Hidangan kampung yang satu ini kabarnya memliki rasa yang unik. Sekali mencoba, dijamin Anda bakal ketagihan. Tidak percaya? Mari simak penjelasan dari pengelola Wisata Alam Gunung Pabeasan, Abah Cici.

Baca Juga:Cianjur Masuk Zona Tertinggi Rawan PemiluBPBD: Data Rumah Rusak Baru 8.613 Unit

Menurutnya, kuliner nasi Liwet Jantung Pisang khas wisata Alam Gunung Pabeasan ini merupakan kuliner UMKM warga Desa Malati yang bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Malati Jawara.

Menyantap Nasi Liwet Jantung Pisang juga bisa sambil menikmati keindahan alam dan berswafoto dan bisa melihat langsung hamparan laut Samudera Hindia di atas bukit Wisata Alam Gunung Pabeasan.

“Untuk jantung pisangnya tidak sembarang jantung pisang. Jadi jantung pisang tertentu seperti jantung pisang Adut, Bangala dan pisang siem yang bisa dipakai. Kalau jantung pisang lain rasanya tidak enak,” ucapnya.

Satu porsi Liwet Jantung Pisang untuk dimakan empat orang dibandrol dengan harga Rp100 ribu.
Terdiri dari nasi lwet, tahu, tempe, ikan asin dan lalaban.

“Untuk harga nasi liwet Jantung Pisang per porsinya kita masih harga diskon, jadi sesuai pesanan pengunjung sehingga bisa terjangkau oleh semua kalangan. Porsi biasa nasi liwet jantung pisang hanya tahu dan tempe, sambel lalaban pete dan ikan asin paket 4 orang harganya 100 ribu,” ujar dia.

“Paket nasi liwet jantung dengan ayam kampung bakar atau digoreng sambel dan lalabanya untuk paket 4 orang harganya 125 ribu. Adapun untuk nasi liwet jantung ikan bakar, tempe, tahu dan lalaban 125 ribu,” imbuhnya.

Kepala Desa Malati, Hendra Irawan menjelaskan, lokasi Wisata Alam Gunung Pabeasan berada di kawasan hutan Pinus Perum Perhutani yang dekat dengan jalan Nasional Bandung-Cianjur. Rutenya bisa dari arah Kabupaten Bandung dengan perjalanan memakan waktu 2 jam tetapi kalau dari arah Cianjur memakan waktu 5 jam.

0 Komentar