Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Unggulan Resmi Dibuka

Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Unggulan Resmi Dibuka. (Kemenag)
Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Unggulan Resmi Dibuka. (Kemenag)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Pendaftaran Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah (MA) unggulan, resmi dibuka oleh Kementrian Agama (Kemenag) RI.

Kementrian Agama (Kemenag) RI membuka  pendaftaran Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah (MA) unggulan, sejak 9 Januari sampai dengan 11 Februari 2023.

Pendaftaran Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah (MA) unggulan ini akan dikhususkan pada tiga pilihan MA yakni Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN).

Baca Juga:Melintasi Jalan di DKI Jakarta BerbayarJadwal Kickoff Laga Klasik Persib Vs Persija

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama RI, M. Isom Yusqi menerangkankan pendaftaran ini sengaja dibuka lebih awal agas mendapatkan calon peserta didik terbaik.

“SNPDB digelar untuk membuka kesempatan bagi seluruh anak bangsa untuk berkompetisi mendapatkan layanan pendidikan terbaiknya,” ungkap M. Isom dalam keterangan tertulis yang diterima Disway.id, Rabu 11 Januari 2023.

SNPDB ini pun juga dituangkan dalam Surat Edaran Nomor B-1161/DJ.I/Dt.I.I/12/2022 tentang pelaksanaan seleksi nasional peserta didik baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri tahun pelajaran 2023/2024.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa tiga pilihan MA ini memiliki kelebihan masing-masing. Pertama MAN IC yang memiliki keunggulan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) serta diperkuat dengan Iman dan Taqwa (Imtaq).

Dengan adanya keunggulan tersebut, Isom berharap MAN IC bisa menjadi MA yang menginspirasi bagi madrasah-madrasah lain.

“MAN Insan Cendekia ini seringkali menggondol prestasi olimpiade, baik tingkat nasional maupun Internasional. Ada 24 MAN IC yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” lanjut M. Isom.

Lalu kedua adalah MAN Program Keagamaan. Isom mengatakan bahwa para siswa di Madrasah Aliyah tersebut akan diajarkan untuk mendalami ilmu-ilmu keagamaan Islam.

Baca Juga:Manchester United Harus Gigit JariBUMN PT Pelni Membuka Lowongan Kerja

Nantinya di MAN Program Keagamaan ini, para siswa akan arahkan menjadi ulama cendekiawan muslim nusantara.

0 Komentar