Mengenal Fungsi Kepala Silinder dan Komponennya

Mengenal Fungsi Kepala Silinder dan Komponennya
Mengenal Fungsi Kepala Silinder dan Komponennya
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUREKSPRES Cylinder head atau kepala silinder mobil merupakan komponen mobil yang letaknya menempel di atas blok silinder mobil dan di kaitkan menggunakan baut khusus. Terbuat dari bahan aluminum alloy yang tahan terhadap tekanan tinggi akibat proses pembakaran di ruang mesin.

Sebenarnya, tidak ada cara kerja kepala silinder mobil yang terlalu spesifik karena kepala silinder bersifat statis, artinya komponen second base ini tidak bergerak dan tidak ada mekanisme yang beroperasi pada cylinder head.

Satu-satunya mekanisme yang bekerja pada cylinder head adalah karena komponen ini terletak menempel di bagian atas blok silinder sehingga terjadi mekanisme katup OHC.

Baca Juga:Cek Pemilik Kendaraan Berdasarkan Plat Nomor Pakai Aplikasi, Berani Coba Trik Ini?Dengan Plat Nomor Bisa Tau Siapa Pemilik Kendaraan

Fungsi Kepala Silinder

  • Sebagai Ruang Pembakaran

Karena terletak pada mesin pembakaran, fungsi utama kepala silinder sebagai tempat untuk membakar campuran udara dan bahan bakar kendaraan sehingga dapat menghasilkan tenaga.

Bentuk ruang pembakaran pada kepala silinder tergantung pada jenis dan model mesin kendaraan yang digunakan. Ruang bakar yang banyak di kenal ada tiga macam, yaitu:

  1. model wedge (bentuk segitiga siku-siku)
  2. pentroof (bentuk segitiga sama kaki)
  3. hemispheric (parabola).

BACA JUGA : Ketahui Menggapa AC Mobil Tidak Dingin

  • Sebagai Saluran Intake dan Exhaust

Yang berfungsi sebagai saluran masuk bagi udara dan bahan bakar ke ruang pembakaran yang di atur oleh katup (valve) intake. Peran ini di sebut juga sebagai jalur masuk bahan bakar.

Sedangkan saluran exhaustadalah saluran keluar bagi asap hasil proses pembakaran di ruang bakar mesin yang di atur oleh valve exhaust. Perannya ini di sebut juga jalur keluar atau jalur buang sisa pembakaran mesin kendaraan.

  • empat Mekanisme Katup

Fungsi kepala silinder selanjutnya adalah sebagai tempat mekanisme katup (valve). Dalam hal ini kepala silinder dapat mengatur waktu tertutup dan terbukanya katup-katup. Komponen mekanisme katup berbeda-beda tergantung mesin yang di gunakan.

Pada umumnya, beberapa komponen dalam kepala silinder ini dapat membantu mekanisme katup. Yang pertama yaitu camshaftsebagai poros penghubung untuk menggerakkan katup, rocker shaftsebagai pelatuk atau poros dudukan rocker arm(pelatuk untuk menekan katup)

0 Komentar