Pasar Cipanas Miliki Pemandian Air Panas, Diharapkan Jadi Daya Tarik Wisatawan

Pasar Cipanas Miliki Pemandian Air Panas, Diharapkan Jadi Daya Tarik Wisatawan
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pasar Cipanas, kini memiliki pemandian air panas alami yang diresmikan Bupati Cianjur, Herman Suherman, Jumat (27/5/2022).

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperdagin) Kabupaten Cianjur, Tohari Sastra, mengatakan, sumber air panas alami di kawasan Pasar Cipanas sudah ada sejak lama. Namun, potensinya belum dimaksimalkan.

Dirinya berharap, keberadaan pemandian air panas tersebut menjadi penghasilan tambahan Pasar Cipanas.

Baca Juga:Dari Inggris Ridwan Kamil Terbang ke SwissPencarian Hilangnya Anak Ridwan Kamil Sempat Dihentikan, Ini Alasannya

“Ada desakan dari berbagai pihak untuk memaksimalkannya. Sebab, nanti akan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi UPTD Pasar Cipanas,” ujar Tohari seusai acara peresmian pemandian air panas alami Pasar Cipanas, Jumat (27/5/2022).

Saat ini sumber air panas alami tersebut sudah ditata dengan menggandeng pihak ketiga. Luas area pemandian air panas alami Pasar Cipanas sekitar 1.000 meter persegi.

Terdapat 5 ruang/kamar pemandian air panas serta 1 kolam untuk anak-anak. Ditambah fasilitas ruang ganti serta kantin yang nanti akan juga mengakomodir para pelaku UMKM.

“Sekarang, ini (pemandian air panas alami) bisa menambah daya tarik bagi pengunjung pasar maupun wisatawan yang berminat,” ucapnya.

Tohari menjamin keamanan kondisi air panas alami tersebut. Pasalnya, kualitas air sudah melalui penelitian laboratorium di Bandung.

“Alhamdulillah, hasilnya aman digunakan untuk kolam pemandian,” sebutnya.

Tohari berharap dengan hadirnya fasilitas pemandian air panas alami bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD) karena akan ditetapkan retribusi dari tiket masuk. Termasuk untuk menambah operasional UPTD Pasar Cipanas.

Upaya promosi dilakukan dengan berbagai cara. Satu di antaranya bekerja sama dengan pengelola hotel.

Baca Juga:Anak Sulung Ridwan Kamil Hilang di SwissKelompok Pembudidaya Ikan Nila di Cibeber Terima Bantuan Bioflok

“Apabila ada tamu hotel atau wisatawan yang menginap, nanti bisa diajak berendam air panas di Pasar Cipanas. Kami nanti akan menyiapkan mobil untuk mengantar-jemput,” kata Tohari.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengapresiasi inovasi yang dilakukan Diskoperdagin serta UPTD Pasar Cipanas dengan memaksimalkan potensi sumber air panas alami. Tak hanya jadi daya tarik pengunjung pasar, tapi juga wisatawan.

0 Komentar