Polres Cianjur Fokus Pengamanan Malam Tahun Baru di Dua Titik

Polres Cianjur Fokus Pengamanan Malam Tahun Baru di Dua Titik
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Polres Cianjur akan memfokuskan pengamanan malam tahun baru di dua titik untuk mencegah adanya arak-arakan warga yang merayakan pergantian tahun, Jumat (31/12/2021).

Dua titik tersebut, diantaranya jalur di Cianjur kota dan jalur Puncak.

“Kami juga harus mengamankan kegiatan seputaran kota Cianjur karena memang ada beberapa titik yang berpotensi adanya kerumunan. Ada alun-alun yang ditutup, sebagaimana kebijakan pemerintah bahwa alun-alun akan ditutup pada tanggal 1, baru nanti akan dibuka, itu pun dilakukan secara situasional,” kata Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan kepada wartawan, Jumat (31/12/2021).

Baca Juga:Berdayakan UMKM dan Kaum Perempuan, BRI Bina Klaster Pandan Wangi Amlapura Vaksinasi Anak di Cianjur Awal Januari 2022

Kemudian, lanjut Kapolres, titik yang berikutnya adalah pengamanan titik jalur puncak, yang menuju jalur wisata.

“Imbangan dari Polres Bogor dalam upaya untuk mengurangi kepadatan di wilayah puncak dan sekitarnya, kami melakukan imbangan rekayasa lalu lintas dimulai pukul 18.00 Wib. Melihat juga sutuasi kepadatan yang ada di wilayah puncak,” terang Kapolres.

Kapolres melanjutkan, kemudian pada pukul 20.00 Wib juga akan dilakukan rekayasa lalu lintas di titik pos PJR yang ada di puncak. Juga melakukan upaya untuk pengalihan arus pada saat malam pergantian tahun.

“Kita mulai secara bertahap untuk melakukan pengalihan arus, sehingga nanti masyarakat yang menuju puncak dan sekitarnya bisa melalui jalur alternatif,” katanya.

Selain itu, untuk mencegah adanya kerumunan, Polres Cianjur juga menyiapkan satgas Covid-19 yang akan bergerak untuk melakukan patroli ke titik-titik kerumunan.

“Karena memang sebagimana kebijakan dan ketentuan bahwa tidak boleh adanya pesta pergantian tahun baru dengan cara keramaian. Kami lakukan dengan kegiatan kegiatan preventif patroli di titik yang dimungkinkan adanya kerumunan,” ungkapnya.

Kapolres mengatakan, apabila nanti ditemukan adanya kerumunan, pihaknya akan melakukan imbauan kepada masyarakat dan juga pelaku usahanya itu sendiri.

Baca Juga:Soal Jembatan Ambruk di Cidaun, Bupati Cianjur: Kita Sudah Mengusulkan ke BNPBSelain Gekbrong, Jalan di Cianjur Ini Rawan Lakalantas

“Agar mematuhi ketentuan dalam upaya tidak boleh ada kerumunan dalam masa pergantian tahun,” pungkasnya.(dik/hyt*)

0 Komentar