oleh

BPBD Cianjur Imbau Warga Waspada Masuki Puncak Musim Hujan

Cianjurekspres.net – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, meminta masyarakat di wilayah Cianjur Selatan untuk meningkatkan kewaspadaan, karena saat ini sudah mulai memasuki puncak musim hujan.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Rudi Wibowo, mengatakan, berdasarkan laporan prakiraan cuaca dari BMKG, puncak musim hujan akan terjadi pada Desember hingga Januari.

“Seperti yang sudah laporan dari BMKG, curah hujan saat ini sudah mulai memasuki puncaknya,” ujarnya, Selasa (30/11).

Menurutnya, curah hujan yang sudah mulai meningkat ini berpotensi menimbulkan terjadinya bencana, seperti longsor, pergerakan tanah, banjir, hingga angin kencang.

Baca Juga: Rumah Ambruk Diterjang Angin Kencang di Karangtengah, Penghuni Luka Ringan

“Oleh karena itu, kami meminta masyarakat, terutama warga yang tinggal di Cianjur Selatan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan. Terlebih daerah Cianjur Selatan rawan akan terjadinya bencana longsor, dan pergerakan tanah,” ucap Rudi.

Rudi menegaskan, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan edukasi kebencanaan kepada masyarakat agar dampak yang ditimbulkan pasca terjadinya bencana dapat di minimalisir.

“Upaya yang masih kita lakukan yaitu, terus melalukan sosialisasi kepada warga yang tinggal di wilayah bencana, seperti di pesisir pantai dan lereng bukit. Selain itu kita juga menjaga komunikasi dengan intitusi terkait lainnya,” katanya.

Baca Juga: Fakta Kasus Penyiraman Air Keras: Pelaku Ngaku Masih Muda Ternyata Sudah Tua

Dia menambahkan, sejumlah perlengkapan pendukung, seperti kendaraan operasional petugas, dan perlengkapan gergaji mesin, juga yang lainnya terus dilakukan pengecekan serta perawatan.

“Alat yang kami butuhkan saat ini, alat berat, hingga kini ketika penanganan longsor dan menutup badan jalan masih memakai milik Dinas PUPR Jabar,” pungkasnya.(mg1/hyt)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *