Raih Penghargaan Bhabinkamtibmas Terbaik, Begini Cerita Aiptu Yayan Kurniawan

Raih Penghargaan Bhabinkamtibmas Terbaik, Begini Cerita Aiptu Yayan Kurniawan
0 Komentar

CIANJUR – Aiptu Yayan Kurniawan meraih penghargaan Bhabinkamtibmas terbaik dari Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto, Minggu (27/10/2019).

Usianya sudah tidak muda lagi, 56 tahun dan akan memasuki pensiun di 2021.

Usai mendapat penghargaan dirinya menceritakan pengalaman menjadi Anggota Polri. Tahun 2006 Aiptu Yayan Kurniawan berdinas di Mapolres Cianjur, selanjutnya 6 tahun kemudian tugas di Mapolsek Naringgul.

Baca Juga:Desa Gudang Cianjur Ingin Pemerataan InfrastrukturAvanza Rusak Parah Dihantam KA Siliwangi di Cianjur

Tak hanya itu, Yayan pun pernah BKO ke luar daerah atau ke Nanggro Aceh Darussalam (NAD), dan saat ini kurang lebih sudah 15 tahun dirinya berdinas di Mapolsek Pacet

Menjadi seorang anggota Polisi itu memang harus siap ditugaskan atau ditempatkan dimanapun.

Ditempat tugas yang saat ini ia jalani, Aiptu Yayan kini menjabat sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas. Banyak tantangan untuk menjadi seorang Kamtibmas di salah satu wilayah atau desa, selain harus pandai bersosialisasi dengan masyarakat juga pentingnya monitoring kesetiap pelosok desa yang menjadi tanggungjawab keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

“Menjadi seorang anggota Polisi itu menurut saya sangat bangga, dan tentunya harus siap kapan pun dan dimana pun kalau ada intruksi dari Pimpinan,” terang Aiptu Yayan.

Yayan mengatakan, hingga saat ini dirinya menjadi polisi sudah 36 tahun lamanya. Banyak pengalaman yang tak bisa terlupakan, baik itu kenangan manis dan juga kenangan pahit.

“Saya pensiun di tahun 2021, kalau gajian saya 20 kali lagi,” sambil tertawa.

“Alhamdulillah, menjadi Bhabinkamtibmas di Desa Ciloto menurut saya menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi saya pribadi, terlebih saya mendapatkan predikat terbaik atau reward dari Kapolres Cianjur AKPB Juang Andi Pritanto,” tambahnya.

Baca Juga:300 Siswa Ikuti Pengukuhan Anggota Baru Pencak Silat Tadjimalela20 tahun Menanti, Jalan Kampung Darmaga Bojongpicung Mulus, Terima Kasih Pak Ade Barkah

Menjadi seorang Kamtibmas itu bukan perkara yang mudah lanjut Yayan, sekecil apapun informasi yang didapat harus quick respon. Karena menjadi polisi itu sangat jelas selain melayani dan juga harus mengayomi.

“Menjadi, Polisi jelas, harus bisa melayani dan mengayomi masyarakat. Terlebih pada Launching Kang Bhabin ini ada tugas yang harus diemban yakni pembinaan dan melatih polisi kecil (pocil) dan Safety Riding,” katanya.

Sebelumnya Apitu Yayan Kurniawan pun diberikan penghargaan oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi kaitan dengan Bhabinkamtibmas, selain itu oleh Kapolres Cianjur sebelumnya AKBP Soliyah, dan saat ini peluncuran Kang Bhabin oleh Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto.(yis/hyt)

0 Komentar