H+2 Lebaran Kendaraan Mulai Padati Puncak, Aszhari: Rekayasa Ikut Polres Bogor

kontraflo di depan pasar cipanas
BERLAKUKAN: polres Cianjur berlakukan kontraflow di depan pasar Cipanas urai kepadatan lalin. (Foto: Rikzan RA)
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM, CIANJUR – Kapolres Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan mengungkapkan jika kepadatan lalu lintas (lalin) di jalur Puncak dan jalur mudik meningkat pada H+2 Lebaran Idul Fitri 1445 ini.

Hal itu disebabkan wisatawan yang mulai menuju lokasi rekreasi di kawasan Puncak, juga oleh pemudik yang pulang lebih awal ke arah Jabodetabek.

“Jalan-jalan arteri di Cianjur mulai padat kendaraan. Lonjakan ini terjadi di sekitar Cipanas juga Jalan Raya Bandung, termasuk Jalan Raya Sukabumi,” ungkap Aszhari di Pospam Lampu Gentur pada Jumat, 12 April 2024.

Baca Juga:Maling Gasak Sayuran di Kios Pasar Muka, Pemilik Kios Rugi Jutaan RupiahRSUD Cimacan Santuni Puluhan Anak Yatim dan Jompo

Kata dia, jumlah kendaraan yang melintasi Cianjur akan terus meningkat hingga puncaknya pada Minggu, 14 April 2024 nanti.

“Saat ini memang kepadatan lalu lintas belum terlalu mencolok. Kita memprediksikan puncak arus balik nanti pada hari Minggu,” katanya.

Meskipun saat ini belum ada upaya rekayasa lalu lintas khususnya di jalur Puncak, namun pihaknya terus berkoordinasi dengan Polres Bogor untuk menentukan cara bertindak kalau-kalau arus kendaraan meningkat drastis.

“Kita terus berkoordinasi dengan Polres Bogor. Kalau nantinya di sana berlakukan one-way, ganjil genap, atau bahkan buka tutup jalan, kita mengikuti dan menyesuaikan,” bebernya.

Untuk di wilayah Puncak saat terjadi kepadatan lalu lintas, pihaknya juga akan menerapkan kontraflow, ataupun kanalisasi untuk memisahkan antara kendaraan angkutan dan kendaraan pemudik.

“Seperti yang kita lakukan di sekitar Pasar Cipanas. Di sana kita pisahkan antara jalur angkot dan kendaraan pribadi untuk mengurai kemacetan,” tandas Aszhari. (zan)

0 Komentar