UTD PMI Cianjur Jalani Akreditasi Menuju Paripurna

UTD PMI Cianjur
Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Cianjur menjalani akreditasi menuju UTD terakreditasi Paripurna.(istimewa)
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM,CIANJUR – Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Cianjur menjalani akreditasi menuju UTD terakreditasi Paripurna pada 16 sampai 17 Maret 2024. Diketahui, akreditasi tersebut merupakan yang pertama kalinya dilakukan di Indonesia.

“UTD PMI Kabupaten Cianjur menjadi salah satu dari tujuh UTD yang jalani akreditasi saat ini. Kalau nilai akreditasi kita bisa lebih dari 85 persen, kemungkinan kita akan menjadi UTD kelas Paripurna,” ujar Kepala UTD PMI Kabupaten Cianjur dr Susilawati, Sabtu, 16 Maret 2024.

Pihaknya mengikuti akreditasi dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan dan menggenjot pemenuhan stok darah di tiga RSUD dan dua RS swasta yang ada di Cianjur.

Baca Juga:Dirut PLN Raih Best CEO of Communications di Ajang BCOMSS 2024Subsidi Listrik Ke PLN Rp75,83 Triliun

“Tentu dengan sudah terakreditasi nantinya kita optimalkan lagi pelayanan. Kebutuhan darah Cianjur untuk 3 RSUD dan 2 Rumah Sakit Swasta sebanyak 1.800 labu per bulan harus terpenuhi,” ungkap Susilawati.

Tak hanya itu, pihaknya menarget UTD PMI Kabupaten Cianjur bisa memenuhi atau menyumbangkan kebutuhan stok darah ke wilayah lain yang dinilai membutuhkan.

Susilawati juga mengatakan, dari total 208 UTD di Indonesia, sebanyak tujuh unit yang melaksanakan akreditasi. 

“Dan hari ini Cianjur menjadi UTD kelima yang akreditasi di Indonesia. Khus di Jabar baru ada 2 yang akreditasi. Salah satunya Cianjur,” kata dia.

Menurut dia, UTD PMI Cianjur yang merupakan UTD Kelas Madya sudah melakukan persiapan menghadapi akreditasi sejak pertengahan 2023, mulai dari pelaporan INM, IKP, hingga melaksakan self assesment.

Dia menyebut dengan terakreditasi berarti UTD sudah teruji kelayakan dan standarisasinya. “Selain memastikan standarisasi, pada tahun ini semua UTD harus terakreditasi,” tutur Susilawati. 

Di sisi lain, Ketua PMI Kabupaten Cianjur Ahmad Fikri, mengatakan pihaknya sangat mendorong UTD PMI Kabupaten Cianjur untuk bisa melaksanakan akreditasi.

Baca Juga:Mampu Jual 200 Ton, Produksi Gudang Ikan Asin di Cianjur Makin Berlimpah dengan Electrifying MarineJadwal Salat dan Imsakiyah 1 Ramadan 1445 Hijriah Wilayah Cianjur

“Meskipun UTD PMI Cianjur merupakan UTD kelas Madya tetapi bisa membuktikan kalau mampu menjadi lima unit yang paling awal menjalani akreditasi. Kita bisa menunjukan kualitas dengan pelayanan sesuai standar melalui akreditasi ini,” pungkasnya.

0 Komentar