Mampu Jual 200 Ton, Produksi Gudang Ikan Asin di Cianjur Makin Berlimpah dengan Electrifying Marine

PLN
gudang ikan asin milik Marlius Rustandi yang berlokasi di Desa Warung Jambe, Kec. Solokpandan, Kabupaten Cianjur. (Istimewa)
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM,CIANJUR -Selain menjadi ikon pariwisata, sektor kelautan di wilayah Selatan Cianjur juga menyimpan potensi perikanan yang cukup besar. 

Kegiatan pengolahan hasil perikanan sebagai upaya untuk memperoleh nilai tambah dari bahan baku ikan pun sudah lama berjalan di Kabupaten Cianjur. 

Bentuk olahan ikan tersebut antara lain berupa pindang ikan, ikan asin, bakso ikan, abon dan nugget ikan. 

Baca Juga:Jadwal Salat dan Imsakiyah 1 Ramadan 1445 Hijriah Wilayah Cianjur19 Orang Meninggal dan 7 Orang Hilang Akibat Banjir dan Longsor di Wilayah Sumbar

“PLN turut berkontribusi dalam mendukung sektor perikanan ini melalui program Electrifying Marine,” kata Andre Pratama Djatmiko, Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur, Andre Pratama. 

Lebih jauh, Andre menjelaskan bahwa Electrifying Marine merupakan layanan PLN untuk memudahkan pelanggan dalam memperoleh layanan listrik bagi kebutuhan penerangan kapal, mini coldstorage dan kebutuhan listrik lainnya pada lokasi dermaga, pelabuhan, kapal sandar, pangkalan pendaratan ikan (PPI) dan tempat pelelangan ikan (TPI) di seluruh Indonesia. 

“Dengan Electrifying Marine kami berharap usaha di sektor perikanan meningkat produktivitasnya seiring dengan biaya operasional yang lebih rendah dan waktu yang lebih efisien,” ujar Andre. 

Salah satu pelaku sektor perikanan di Cianjur yang akan merasakan manfaat program ini ialah gudang ikan asin milik Marlius Rustandi yang berlokasi di Desa Warung Jambe, Kec. Solokpandan, Kabupaten Cianjur. 

Pada Senin 4 Maret 2024, PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Cianjur Kota berhasil menyalakan listrik untuk gudang ikan asin tersebut dengan daya sebesar 33.000 VA. 

Gudang itu sendiri memiliki kapasitas 200 ton ikan asin yang sudah siap jual. Pasar gudang ikan asin ini cukup luas, hampir sebagian besar pedagang di Cianjur bahkan sampai ke Bandung menjadi konsumen setia gudang tersebut. 

“Gudang ini digunakan untuk freezer ikan asin yang nantinya akan didistribusikan ke penjual di daerah sekitar Cianjur dan Bandung,” kata Aep, Site Manager Gudang cool room di gudang ikan asin itu. 

Baca Juga:Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 Hijriah Terakomodir di Perpres 21/20231 Ramadan 1445 Hijriah Selasa 12 Maret 2024

Ia mengapresiasi pelayanan PLN yang baik dan cepat tanggap. Selain itu, realisasi pasang baru listriknya juga cepat. “Terima kasih PLN. Oke,” ujar Aep. 

0 Komentar