PMI Cianjur Pastikan Pelayanan Donor Darah Tetap Berjalan Selama Ramadan

PMI Cianjur Masih Distribusi Air Bersih ke Empat Desa
Ketua PMI Kabupaten Cianjur, Ahmad Fikri
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM,CIANJUR – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur, memastikan pelayanan donor darah tetap berjalan selama Ramadan. Bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya bisa setelah Salat Tarawih atau Sahur. “Pelayanan donor darah 24 jam selama bulan puasa., kita tetap melayani untuk donor darah di UTD (Unit Transfusi Darah),” ujar Ketua PMI Kabupaten Cianjur, Ahmad Fikri kepada Cianjur Ekspres, Selasa 5 Maret 2024.

Fikri mengaku optimis, kebutuhan darah yang mencapai kurang lebih 2.000 labu setiap bulannya bisa terpenuhi selama bulan puasa. Dimana ketersedian darah tersebut untuk melayani kebutuhan di tiga rumah sakit daerah dan satu rumah sakit swasta, serta beberapa klinik yang sudah memiliki ruang rawat inap. 

“Kita optimis selama bulan puasa kebutuhan darah yang mencapai hampir 2.000 labu insyaAllah bisa terpenuhi,” katanya.

Baca Juga:Bupati Cianjur Turun Tangan Bersihkan Tumpukan Sampah di Pinggir Jalan Pilkada Tetap Digelar November 2024, NasDem Cianjur Segera Bentuk Panitia Khusus Jajaki Figur

Dia mengungkapkan, saat ini PMI juga sedang menggecarkan kegiatan langsung ke kelompok pendonor di beberapa kecamatan di Cianjur. Mulai dari wilayah Timur, Utara sampai Selatan bagi yang sudah rutin melakukan donor darah per dua bulan sekali. 

“Kita juga melakukan mobile unit ke beberapa perusahaan, termasuk untuk besok itu ke Markas Kostrad di Cilodong yang ditargetkan sekitar 400 labu darah. Perkiraan kita bisa menutupi kebutuhan selama bulan puasa,” ucap Fikri. 

Fikri pun memastikan kepada masyarakat yang sudah rutin dan sudah waktunya mendonorkan darah bertetapan dengan bulan puasa tetap bisa dilayani.

“Salah satunya setelah Salat Tarawih atau setelah Sahur,” pungkasnya.

 

0 Komentar