Kapan Awal Ramadan 1445? Pemerintah Gelar Sidang Isbat Maret 2024

Awal Ramadan 1445 H
Awal Ramadan 1445 H menurut sidang isbat Kemenag RI yang akan dilaksanakan 10 Maret 2024 (Foto: Freepik)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Untuk menentukan awal Ramadan 1445 H pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat.

Sidang isbat dilakukan dengan pemantauan hilal awal Ramadan tahun 2024 akan dilakukan di sejumlah titik di seluruh wilayah Indonesia.

Setelah sidang isbat dilakukan, pemerintah akan mengumumkan kepada masyarakat mengenai tanggal resmi awal bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri, sehingga umat Islam dapat mempersiapkan diri untuk ibadah dan perayaan yang sesuai.

Baca Juga:Kapan Awal Ramadan 2024 Menurut Pemerintah? Begini Jadwal dari Kemenag RI!Jadwal Awal Ramadan 2024 NU, Simak Penjelasannya Bagi Kaum Nahdliyin!

Jadwal Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadan 1445

Sidang Isbat bertugas untuk memastikan kapan awal bulan Hijriyah dimulai, yang penting dalam menetapkan awal bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri.

Melansir dari situs Kemenag RI, sidang isbat penentuan awal Ramadan 1445 akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal: Minggu, 10 Maret 2024Lokasi: Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Sidang Isbat dilakukan melalui tiga tahapan, seperti berikut:

Tahap pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi.

Tahap kedua, Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 Hijriah yang digelar secara tertutup setelah Salat Magrib.

Selain data hisab, sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatulhilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Lalu, tahap ketiga adalah melakukan konferensi pers hasil sidang isbat yang juga disiarkan melalui media sosial Kemenag.

Baca Juga:Profil Legolas Rompies dan Geng TAI Pelaku Bullying Binus SchoolDaftar Nama Anggota Geng Anak Vincent Rompies, Banyak Anak Pesohor! 

Sementara itu apabila mengacu pada Kalender Islam Hijriah 2024 yang diterbitkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI dan NU, diperkirakan awal puasa Ramadan 2024 jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

0 Komentar