Kapan Awal Ramadan 2024 Menurut Pemerintah? Begini Jadwal dari Kemenag RI!

Awal Ramadan 2024 Menurut Pemerintah
Prediksi Awal Ramadan 2024 Menurut Pemerintah Berdasarkan dalam kalender Hijriah Indonesia 2024 ( foto: Pixabay)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Ramadan merupakan salah satu momen penting yang ditunggu umat Islam setiap tahunnya. Lalu kapan awal ramadan 2024 menurut pemerintah?

Umat ​​​​Muslim wajib melakukan ibadah ini selama sebulan penuh sebelum Idul Fitri dirayakan. Puasa Ramadhan dilakukan dengan cara berpantang makanan, minuman, syahwat, dan puasa lainnya

Tahun ini pemerintah memutuskan Idul Fitri akan dirayakan pada bulan April 2024. Namun untuk tanggal awal puasa Ramadhan tahun 2024 ini, masih belum diketahui tanggalnya. Sebab perlu dilakukan sidang isbat terlebih dahulu.

Namun pemerintah telah memprediksi mengenai awal ramadan 2024 ini.

Baca Juga:Jadwal Awal Ramadan 2024 NU, Simak Penjelasannya Bagi Kaum Nahdliyin!Profil Legolas Rompies dan Geng TAI Pelaku Bullying Binus School

Prediksi Awal Ramadan 2024 Menurut Pemerintah

Walaupun tanggal awal puasa Ramadhan belum secara resmi dipastikan, karena biasanya penjadwalan ini ditentukan dalam sidang isbat, namun, beberapa perkiraan tersedia sebagai panduan sementara.

Salah satu melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) dari tiga Menteri yang mencantumkan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama untuk tahun 2024.

Dokumen ini dapat memberikan indikasi kapan mungkin awal puasa Ramadhan 2024 di Indonesia.

Berdasarkan dalam kalender Hijriah Indonesia 2024 yang disusun oleh Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) RI, awal puasa Ramadhan 2024 jatuh pada tanggal 12 Maret 2024 dan berakhir pada 9 April 2024.

Sedangkan Lebaran diprediksi jatuh pada 10 April 2024 (jika puasa berlangsung selama 29 hari) atau 11 April 2024 (jika puasa berlangsung selama 30 hari).

Kapan Sidang Isbat?

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024.

Sidang Isbat ini akan digelar di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Baca Juga:Daftar Nama Anggota Geng Anak Vincent Rompies, Banyak Anak Pesohor! 4 Fakta Sekolah Anak Vincent Rompies, Biaya Fantastis!

Sebagai informasi sidang Isbat adalah istilah dalam konteks penentuan awal bulan Hijriyah, terutama untuk menentukan awal bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri. “Isbat” dalam bahasa Arab berarti “memperkuat” atau “mengesahkan”.

Sidang Isbat adalah pertemuan atau rapat yang diadakan oleh otoritas agama atau lembaga resmi yang bertanggung jawab untuk menentukan awal bulan Hijriyah berdasarkan pengamatan bulan baru atau perhitungan astronomi.

Dalam sidang ini, biasanya para ulama, astronom, dan pejabat agama berkumpul untuk memutuskan apakah bulan baru telah dimulai atau belum. 

0 Komentar