Dialami Kartika Putri Hingga Ashanty, Bahaya Autoimun Bisa Picu Jantung Hingga Kanker

Dialami Kartika Putri Hingga Ashanty, Bahaya Autoimun Bisa Picu Jantung Hingga Kanker
Dialami Kartika Putri Hingga Ashanty, Bahaya Autoimun Bisa Picu Jantung Hingga Kanker (Foto: Freepik)
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES – Usai menerima hujatan karena mengunggah potret wajah dan bagian bibirnya yang mengalami ruam merah hingga melepuh. Kartika Putri mengaku dirinya mengidap autoimun.

Kartika Putri telah mengidap penyakit autoimun selama lima tahun belakangan ini,

“Aku sudah kurang lebih 5 tahunan didiagnosa autoimun. Alhamdulilah aku juga sudah ikhtiar dengan 2x stemcell, syukurnya baik baik aja,” ujar Kartika Putri. 

Baca Juga:Kartika Putri Autoimun Hingga Kulit Melepuh, Kenali Gejala AwalnyaPDF Jadwal Imsakiyah Jawa Barat 2024, Cek Disini!

Minggu sebelumnya, Kartika sempat meminum obat pain killer untuk pengobatan. Namun karena imunnya sedang tak baik-baik saja, alhasil obat tersebut membuat Kartika mengalami alergi.

Namun karena imunnya sedang tak baik-baik saja, alhasil obat tersebut membuat Kartika mengalami alergi. Buntut dari alergi tersebut, wajah Kartika pun mengalamai ruam hingga melepuh. 

Selain Kartika Putri, artis lain yang diketahui juga mengidap autoimun adalah Ashanty dan Cita Citata.

Lantas seperti apa penyakit autoimun tersebut?

Apa itu Autoimun?

Penyakit autoimun adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang jaringan dan organ tubuhnya sendiri, salah mengidentifikasi mereka sebagai ancaman seperti infeksi atau benda asing.

Sistem kekebalan yang sehat biasanya melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, dan zat asing lainnya.

Namun, pada penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi dengan baik dan malah menyerang sel-sel dan jaringan sehat, menyebabkan kerusakan dan peradangan.

Gejala Autoimun

Gejala penyakit autoimun bervariasi tergantung pada jenis penyakit dan organ yang terpengaruh.

Baca Juga:9 Ide dan Link Jurnal Ramadan Gratis, Tetap Produktif di Bulan SuciBatas Waktu Qodo Puasa di Bulan Syaban, Catat ya Ladies!

Beberapa gejala umum yang mungkin muncul termasuk kelelahan yang berlebihan, nyeri sendi, ruam kulit, demam, gangguan pencernaan, dan gangguan pada organ tertentu.

Bahaya Autoimun

Kerusakan pada Organ dan Jaringan

Sistem kekebalan yang menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri dapat menyebabkan kerusakan dan peradangan. Ini dapat mengakibatkan gangguan fungsi organ yang terpengaruh dan bahkan kerusakan permanen pada jaringan.

Kehilangan Fungsi Organ

Pada beberapa jenis penyakit autoimun, kerusakan yang terjadi pada organ tertentu dapat menyebabkan kehilangan fungsi organ tersebut.

Misalnya, pada penyakit autoimun seperti lupus atau penyakit Hashimoto, sistem kekebalan dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal atau kelenjar tiroid, yang dapat mengganggu fungsi normalnya.

0 Komentar