Kartika Putri Autoimun Hingga Kulit Melepuh, Kenali Gejala Awalnya

Kartika Putri Autoimun, Ini gejala yang harus diketahui
Kartika Putri Autoimun, Ini gejala yang harus diketahui (Instagram: Kartika Putri)
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES – Belakangan artis Kartika Putri menjadi sorotan sebab mengalami ruam-ruam di wajah hingga sariawan di mulut.

Lantas dirinya terbang ke Singapura untuk menjalani pengobatan.

Isu miring menyebut jika Kartika Putri mendapat azab karena ucapannya di media sosial, namun hal itu ditepis langsung oleh dirinya.

Kartika Putri rupanya mengidap penyakit autoimun. Menurutnya, imun tubuhnya memang sedang drop di saat dia minum obat pain killer.  

Baca Juga:PDF Jadwal Imsakiyah Jawa Barat 2024, Cek Disini!9 Ide dan Link Jurnal Ramadan Gratis, Tetap Produktif di Bulan Suci

“Aku sudah kurang lebih 5 tahunan didiagnosa autoimun,” tutur Kartika Putri lewat Instagram.

“Alhamdulilah aku juga sudah ikhtiar dengan 2x stemcell, syukurnya baik baik aja,” ujar Kartika Putri.  “Qadarallah minggu lalu aku minum pain killer untuk treatment. Sepertinya aku imunnya lagi gak ok, jadinya alergi sama obat pain killernya. Alhasil muka aku dan mult aku ruam dan melepuh,” jelasnya. “Dan akhirnya aku check darah dll juga bahkan ikhtiar dengan obat dll di Jakarta, tapi qadarullah tidak ada perbaikan makanya aaku putusin tuk ke Singapore,” katanya.  “MasyaALLAH tabarakALLAH..Semoga sharingnya aku tentang apa yang aku alami bermanfaat yaaa khusus nya untuk semua PEJUANG AUTOIMUNE dan steven johnson syndrome..sehingga penanganannya cepat, tepat dan terbaik.. jadi ga sampe terlalu parah atau menjalar keseluruh tubuh…soalnya bisa bahaya banget klo dibiarin..next aku mau share tentang cara menanganannya dan obat obatnya.. BISMILLAH semoga bermanfaat..LOVE YOU ALL,” tulisnya. 

Apa itu Autoimun?

Penyakit autoimun adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang jaringan dan organ tubuhnya sendiri, salah mengidentifikasi mereka sebagai ancaman seperti infeksi atau benda asing.

Sistem kekebalan yang sehat biasanya melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, dan zat asing lainnya.

Namun, pada penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi dengan baik dan malah menyerang sel-sel dan jaringan sehat, menyebabkan kerusakan dan peradangan.

Penyebab pasti penyakit autoimun belum sepenuhnya dipahami, tetapi faktor genetik, lingkungan, dan hormonal dapat memainkan peran.

Ada lebih dari 80 jenis penyakit autoimun yang diketahui, termasuk lupus, rheumatoid arthritis, penyakit tiroid autoimun (seperti penyakit Hashimoto dan penyakit Graves), diabetes tipe 1, penyakit celiac, multiple sclerosis, dan banyak lagi.

0 Komentar