5 Jamu Tradisional yang Baik untuk Kesehatan, Bisa Mengusir Berbagai Penyakit

5 Jamu Tradisional yang Baik untuk Kesehatan
Inilah Jamu 5 Jamu Tradisional yang Baik untuk Kesehatan, yuk simak ada apa saja?
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES – Jamu tradisional merupakan bagian penting dari warisan budaya Indonesia dan banyak dianggap memiliki manfaat untuk kesehatan. Meskipun efektivitasnya bisa bervariasi, berikut adalah beberapa jenis jamu tradisional yang dikenal dapat memberikan manfaat kesehatan:

1. Jamu Beras Kencur:

– Kencur dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan bisa membantu meredakan gangguan pencernaan.– Beras kencur juga dianggap dapat memberikan energi tambahan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat Jamu beras kencur yakni dapat meningkatkan nafsu makan, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan kulit, meredakan pegal-pegal, mengatasi masuk angin. 

Baca Juga:10 Buah yang Aman dan Baik untuk Ginjal LansiaKonser Avenged Sevenfold di Jakarta: Harga Tiket, Cara Beli dan Larangannya

Bahan-bahan untuk membuat jamu beras kencur : Beras putih, kencur, jahe, kunyit, asam jawa, gula merah. 

Cara membuat: Cuci beras dan rendam selama 30 menit, Sangrai beras hingga berwarna kecoklatan. Haluskan beras, kencur, jahe, kunyit, dan asam jawa. Rebus bahan yang telah dihaluskan dengan air hingga mendidih. Tambahkan gula merah dan aduk hingga larut, saring dan sajikan.

2. Jamu Kunyit Asam:

– Kunyit mengandung kurkumin, senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.– Kombinasi dengan asam, seperti asam jawa, dapat membantu dalam penyerapan nutrisi dan meningkatkan pencernaan.

Manfaat Jamu Kunyit Asam seperti meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan nyeri haid, melancarkan pencernaan, mengatasi peradangan, dan menjaga kesehatan kulit.

Bahan-bahan untuk membuat jamu kunyit asam : Kunyit, Asam jawa, Gula merah dan air.

Cara membuatnya,rebus kunyit dan asam jawa dengan air hingga mendidih, lalu tambahkan gula merah dan aduk hingga larut dan saring lalu sajikan.

3. Jamu Temulawak:

– Temulawak memiliki potensi antioksidan dan anti-inflamasi.– Dikatakan dapat membantu menjaga kesehatan hati dan pencernaan.

Baca Juga:5 Jenis Tornado yang Sering Terjadi di Dunia, Salah Satu Fenomena Alam Berbahaya7 Jus Ampuh untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Salah Satunya Apel

Manfaat: Meningkatkan nafsu makan, Membantu pemulihan liver, Menjaga kesehatan pencernaan, Meningkatkan stamina dan Melancarkan menstruasi.

Bahan-bahan: Temulawak, Kunyit, Jahe, Gula merah dan Air.

Cara membuat: Cuci bersih temulawak, kunyit, dan jahe, haluskan temulawak, kunyit, dan jahe, rebus bahan yang telah dihaluskan dengan air hingga mendidih dan tambahkan gula merah dan aduk hingga larut, setelah itu saring dan sajikan.

0 Komentar