Capres Soal Pendidikan: Intip 5 Sekolah Terbaik Dunia yang Bisa Jadi Inspirasi di Indonesia

Sekolah terbaik dunia bisa jadi inspirasi di Indonesia
Sekolah terbaik dunia bisa jadi inspirasi di Indonesia
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Semua negara menginginkan masyarakatnya mendapat pendidikan terbaik. Berikut 5 sekolah terbaik dunia yang bisa jadi inspirasi.

Debat terakhir tampak landai, semua kandidat tampak menyampaikan visi, misi dan gagasan dengan tenang.

Isu pendidikan menjadi salah satu yang dibincang dalam debat tersebut.

Kendati begitu, beberapa pihak menilai belum ada capres yang dapat memberi solusi konkret untuk masalah pendidikan Indonesia.

Baca Juga:Bintang Ayat-ayat Cinta Fedi Nuril Disebut Black Campaign, Apa Itu?Perang Fedi Nuril dengan Netizen: Ogah Pilih No 2 Karena Tragedi 98

Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim salah satunya, menilai, setiap kandidat hanya berbicara normatif.

“Menyimak debat Capres isu pendidikan, P2G menilai belum menyentuh persoalan fundamental pendidikan nasional,” kata Satriwan dalam keterangannya, Senin (5/1/2024).

Satriwan menyayangkan ketiga Capres belum memerhatikan data-data riil dan aktual terkait masalah pendidikan. Dia juga menilai, para capres belum menawarkan solusi konkret yang menunjukan ragam masalah kualitas pendidikan Indonesia.

Beberapa permasalahan pendidikan Indonesia seperti nilai literasi dan numerasi yang masih rendah. Hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022, terungkap fakta bahwa 1 dari 2 anak Indonesia belum mampu mencapai kompetensi minimum literasi dan 3 dari 4 anak Indonesia belum mencapai kompetensi minimum numerasi.

P2G juga sangat menyayangkan dalam Debat Capres tidak memberi solusi mengenai fakta bahwa saat ini angkatan kerja lulusan SD masih mendominasi.

Membahas mengenai pendidikan, intip 5 sekolah terbaik dunia yang dapat menjadi inspirasi bagi sistem pendidikan di Indonesia.

5 Sekolah Terbaik Dunia Bisa Jadi Inspirasi Pendidikan Indonesia

1. Finlandia

Terkenal sebagai negara paling bahagia di dunia, Finlandia juga jadi salah satu negara dengan pendidikan terbaik.

Sistem pendidikan di negara ini fokus pada kesejahteraan siswa.

Baca Juga:Sinopsis One Piece 1093, Latar Belakangan Law Terungkap!Honda Stylo 160 Indonesia, Ini Rincian Spesifikasi, Harga dan Warna

Setiap hari siswa hanya belajar selama 5 jam, kemudian tidak ada tugas tambahan atau PR yang diberikan dari sekolah.

Di Finlandia, sekolah tidak hanya fokus pada akademik tetapi juga pada keseimbangan hidup siswa. Oleh karena itu, siswa di Finlandia memiliki waktu luang yang cukup untuk mengejar hobi atau minat mereka. Selain itu, mereka juga diajarkan tentang kesehatan dan kebugaran, sehingga mereka dapat hidup sehat dan aktif.

Tak heran jika berhasil mencetak prestasi yang sangat membanggakan. Beberapa prestasi tersebut di antaranya adalah hasil tes PISA (Program for International Student Assessment) yang menempatkan Finlandia sebagai negara dengan hasil tes terbaik di dunia pada tahun 2000, 2003, dan 2006.

0 Komentar