Amalan Isra Miraj 27 Rajab Sesuai Ajaran Nabi SAW

Amalan Isra Miraj 27 Rajab
Amalan Isra Miraj 27 Rajab
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Isra Miraj yang diperingati setiap tanggal 27 Rajab tahun ini bertepatan dengan tanggal 8 Februari 2024.

Ada beberapa amalan yang disyariatkan untuk dilaksanakan saat memasuki malam Isra Mikraj. Di antaranya seperti ibadah puasa, salat sunah, dan berzikir.

Peringatan Isra Miraj merupakan momen yang istimewa bagi umat Islam. Sebab adanya peristiwa perjalanan nabi Muhammad SAW menemui Allah SWT dan membawa perintah salat lima waktu.

Lantas apa saja amalan Isra Miraj 27 Rajab? Simak ulasannya berikut.

Amalan Isra Miraj 27 Rajab

1.Puasa Sunah 27 Rajab

Baca Juga:7 Kacamata Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Pajero!Libur Panjang Februari, 27 Rajab 2024 Sampai Hari Imlek

Puasa sunah tersebut termaktub dalam hadis riwayat Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda:

“Barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan,” (HR. Abu Hurairah).

Meski hadis tersebut tergolong daif (lemah), sebagian ulama Mazhab Syafi’i dan mayoritas Mazhab Hambali memperbolehkan penggunaan hadis riwayat Abu Hurairah sebagai dasar pelaksanaan puasa 27 Rajab.

2. Salat Sunah Malam 27 Rajab

Dalam kitab Ihya Ulumuddin karangan Imam Al-Ghazali, dianjurkan melaksanakan Salat Sunah Malam 27 Rajab sebanyak 12 rakaat (2 rakaat 1 salam) dengan mengambil riwayat, bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda sebagai berikut:

“Malam ini [27 Rajab] terdapat balasan kebajikan 100 tahun bagi yang mengamalkannya. Barang siapa salat di malam ini sejumlah 12 rakaat dengan membaca Al-Fatihah dan salah satu surah Al-Qur’an [setiap rakaatnya] lalu setiap 2 rakaat dipisahkan dengan salam dan selepasnya membaca, ‘Subhanallah walhamdulillah walaa ilaaha illa Allah wa Allahu Akbar [100 kali], lalu istigfar [100 kali], berselawat [100 kali], lalu berdoa sepuasnya untuk urusan dunia akhiratnya, kemudian berpuasa esok harinya, niscaya Allah mengabulkan seluruh doanya selain doa untuk bermaksiat.”

3. Memperbanyak Berdzikir

Salah satu yang dianjurkan adalah zikir ajaran Nabi Ibrahim kepada Nabi Muhammad ketika bertemu di langit ke-7.

Kisah bertemunya Nabi Muhammad Saw. dengan Nabi Ibrahim tersebut diriwayatkan Abu Ayyub Al-Anshari. Nabi Ibrahim berkata kepada Rasulullah:

Baca Juga:7 Anak Artis jadi Calon Menteri, Menggemaskan!3 Doa Saat Turun Hujan, Waktu Dikabulnya Setiap Harapan!

“Perintahkanlah pada umatmu untuk membiasakan memperbanyak [bacaan zikir itu] yang nantinya akan menjadi tanaman surga, tanahnya begitu subur, juga lahannya begitu luas,” (H.R. Ahmad).

0 Komentar