Komisi II DPR RI Minta Bupati Netral dalam Pemilu

Komisi II DPR RI Minta Bupati Netral dalam Pemilu
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Bupati Cianjur Herman Suherman dituntut menjadi pemimpin yang bisa memberikan contoh soal netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam kontestasi pemilihan umum (pemilu) baik Pilpres maupun Pileg 2024 ini.

Diketahui, Herman memiliki menantu yang juga ikut dalam pertarungan Pileg 2024 DPR RI Dapil Jawa Barat III Bogor-Cianjur, Muhammad Abdul Azis Sefudin.

Hal itu diungkapkan Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi II DPR RI Terkait Kesiapan Tahapan Pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, Saan Mustopa saat melakukan pertemuan dengan KPU, Bawaslu, dan Pemerintah Kabupaten Cianjur di Ruang Garuda pada Selasa (30/1/2024).

Baca Juga:Pemkab Siapkan 105 Miliar Lebih untuk Pelaksanaan PilkadaKPU Cianjur Distribusikan Logistik Pemilu Mulai Senin Mendatang

“Pak Bupati harus memeberikan contoh, dia harus netral, juga harus memberikan ruang yang sama pada seluruh kontestan pemilu baik Pilpres dan Pileg 2024,” ujar Saan usai pertemuan.

Kata dia, jika nantinya ada dugaan-dugaan pelibatan birokrasi dalam gerakan-gerakan oknum caleg, Bawaslu Kabupaten Cianjur harus turun tangan karena DPR RI sendiri saat ini fokus untuk mengawasi netralitas ASN.

“Jika ada hal seperti itu, Bawaslu harus bertindak. DPR RI sendiri kini concern untuk menjaga netraitas ASN. Kita juga akan selalu melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja dari Bawaslu,” ujar wakil Ketua Komisi II itu.

Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat itu juga menegaskan jika netralitas ASN penting untuk diteladani oleh jajaran pimpinan tinggi di Kabupaten Cianjur agar jajaran yang ada di bawahnya juga bisa menerapkan prinsip clear and clean dari sisi netralitas.

“Karena memang pada Pemilu 2024 ini yang menjadi sorotan adalah soal netralitas,” kata dia.

Di sisi lain, Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan jika pihaknya sudah menegaskan jika dirinya pun menekankan soal netralitas ASN, terbukti dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU).

“Kita sudah komitmen juag untuk menjaga netralitas dengan penandatangan MoU dengan perwakilan seluruh ASN beberapa waktu lalu,” ungkap Herman.

Baca Juga:Politisi Partai Demokrat Soroti Pertemuan Oknum ASN dan Caleg DPR RIDansatgas 300 Siliwangi Dapat Gelar Kehormatan Kogoya dari Kepala Suku Dani

Selain itu, dirinya juga telah menyebarkan surat edaran soal netralitas di lingkup Pemkab Cianjur. “Kita sudah sebar suratnya. Bahkan kita juga sudah implementasikan sanksi seperti yang kita terapkan pada Sekmat Cidaun beberapa waktu lalu,” kata dia.

0 Komentar