Prabowo Sebut Rumput Laut Jadi BBM, Peneliti: Pontensi Besar

Prabowo Sebut Rumput Laut Jadi BBM
Prabowo Sebut Rumput Laut Jadi BBM
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo sebut rumput laut jadi BBM dapat menjadi alternatif yang bagus.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi bintang tamu dalam sebuah acara stasiun televisi, 

“Rumput laut itu bisa kita jadikan BBM. Luar biasa rumput laut,” ucap Prabowo

Benarkah rumput laut dapat menjadi pengganti BBM? Berikut penjelasan peneliti.

Baca Juga:Viral Video Najwa Shihab Iklan Judi Online, Hoax AI!6 Tips Nonton Debat Cawapres Malam Ini, Jangan Pakai Emosi!

Kata Peneliti Soal Rumput Laut jadi BBM

Melansir dari Scientific America, sebuah lembaga di AS yang mendanai proyek-proyek untuk membantu menciptakan industri bioenergi menyebut, Samudera Pasifik bisa menjadi rumah bagi peternakan rumput laut berkilo-kilometer yang dikelola oleh drone kapal selam dan menunggu untuk diubah menjadi bahan bakar.

Marine BioEnergy, sebuah perusahaan rintisan yang didukung oleh Advanced Research Projects Agency–Energy (ARPA-E).

Badan pemerintah Amerika Serikat memberikan pendanaan kepada perusahaan tersebut dan beberapa proyek terkait, saat ini, sekitar 5 persen dari total konsumsi energi di AS berasal dari biomassa seperti jagung dan kayu, yang bersifat terbarukan dan menyerap karbon dioksida melalui fotosintesis.

Banyak pakar memperkirakan bahwa persentase ini akan terus meningkat, terutama karena kelebihan bioenergi. Sebagai contoh, perusahaan ini dapat menyediakan bahan bakar untuk penerbangan dan transportasi lain yang sulit dijangkau oleh listrik.

Untuk mencapai dekarbonisasi yang besar dalam ekonomi AS, banyak analisis menyarankan bahwa bioenergi harus menyumbang sekitar 20 hingga 25 persen dari total sumber energi negara tersebut, menurut Marc von Keitz, direktur program di ARPA-E.

Saat ini, etanol berbahan dasar jagung mendominasi pilihan bioenergi di AS. Namun, produksinya membutuhkan banyak lahan, pupuk, dan air bersih, yang mengakibatkan masalah polusi dan membatasi sumber daya yang terbatas.

“Bagaimana kita bisa mencapai tujuan bioenergi ini tanpa mengorbankan kebutuhan penduduk dan tanpa meningkatkan produksi pangan?” tanya von Keitz.

Baca Juga:Arti Lirik Lagu Renjana Diraja, Lagu Pernikahan Pangeran Brunei4 Tanda Cowok Green Flag Seperti Yoo Jin Hyuk Marry My Husband

Di sinilah rumput laut dapat memainkan peran penting. Rumput laut tidak memerlukan sumber daya yang sama seperti bioenergi tradisional dan dapat memanfaatkan potensi besar dari laut terbuka. “Lautan adalah ruang yang jarang kita gunakan untuk pertanian,” kata von Keitz.

0 Komentar