8 Gempa Bumi Terbesar Sepanjang Sejarah, Salah Satunya di Indonesia

8 Gempa Bumi Terbesar Sepanjang Sejarah, Salah Satunya di Indonesia
8 Gempa Bumi Terbesar Sepanjang Sejarah, Salah Satunya di Indonesia
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Gempa bumi adalah fenomena alam yang terjadi akibat pelepasan energi yang terkonsentrasi di dalam Bumi. Energi ini berasal dari pergerakan lempeng tektonik yang saling bertabrakan atau bergeser. Gempa bumi dapat menyebabkan kerusakan yang luas, terutama di daerah yang padat penduduk.

8 Gempa Bumi Terbesar Sepanjang Sejarah :

1. Gempa bumi Valdivia 1960 (Chili) – 9,5 Sr

Terjadi pada 22 Mei 1960, gempa bumi ini merupakan yang terbesar yang pernah tercatat dengan kekuatan 9,5 Skala Richter. Pusat gempa berada di lepas pantai selatan Chili, memicu tsunami besar yang menghantam pantai barat Amerika Selatan hingga Hawaii. Bencana ini mengakibatkan lebih dari 5.000 korban jiwa dan kerusakan infrastruktur yang masif di Chili.

2. Gempa bumi Alaska 1964 (AS) – 9,2 Sr

Terjadi pada 27 Maret 1964, gempa bumi ini menjadi yang terkuat di Amerika Serikat dengan kekuatan 9,2 Skala Richter. Pusat gempa berada di Prince William Sound, Alaska, memicu tsunami setinggi 8 meter yang menghancurkan desa Chenega dan menewaskan 23 penduduk. Gempa ini juga menyebabkan tanah longsor besar dan perubahan dramatis pada bentang alam Alaska.

3. Gempa bumi Sumatra 2004 (Indonesia) – 9,1 Sr

Baca Juga:5 Zodiak Paling Sulit Dipahami dan Dimengerti, Ada Zodiak kamu?5 Zodiak Ini Akan Mengalami Kesedihan Sepanjang Tahun 2024

Terjadi pada 26 Desember 2004, gempa bumi ini menjadi salah satu yang terburuk dalam sejarah modern dengan kekuatan 9,1 Skala Richter. Pusat gempa berada di lepas pantai barat Sumatra, Indonesia, memicu tsunami dahsyat yang menghantam pantai-pantai di Samudra Hindia hingga Sri Lanka, India, dan Thailand. Bencana ini menewaskan lebih dari 230.000 jiwa dan menyebabkan kerusakan infrastruktur yang luas di seluruh wilayah.

4. Gempa bumi Tohoku 2011 (Jepang) – 9,0 Sr

Terjadi pada 11 Maret 2011, gempa bumi ini menjadi yang terkuat yang pernah terjadi di Jepang dengan kekuatan 9,0 Skala Richter. Pusat gempa berada di lepas pantai timur laut Jepang, memicu tsunami setinggi 15 meter yang menghantam pantai timur negara itu. Gempa ini juga memicu bencana nuklir Fukushima Daiichi, menyebabkan krisis energi dan radioaktif berkepanjangan.

5. Gempa bumi Kamchatka 1952 (Rusia) – 9,0 Sr

Terjadi pada 4 November 1952, gempa bumi ini berpusat di Semenanjung Kamchatka, Rusia, dengan kekuatan 9,0 Skala Richter. Gempa ini memicu tsunami setinggi 10 meter yang menghantam pantai-pantai Kamchatka dan Kepulauan Kuril, jumlah korban jiwa akibat gempa ini diperkirakan ribuan orang, namun data detailnya masih terbatas.

0 Komentar