Ragam Permainan Tradisional Indonesia yang Masih Eksis

Permainan Tradisional
Permainan Tradisional
0 Komentar

CIANJUREKSPRESIndonesia tidak hanya memiliki budaya yang begitu beragam, rupanya banyak permainan tradisional Indonesia yang masih eksis hingga sekarang.

Permainan tradisional anak-anak Indonesia sangat beragam dan tersebar di seluruh pelosok Nusantara.

Permainan ini biasanya dimainkan secara berkelompok dan menggunakan alat-alat yang sederhana.

Baca Juga:8 Restoran Jepang Populer di BandungMenu Sarapan Sandwich Sehat untuk Anak

Selain itu permainan ini penuh dengan makna yang baik untuk anak-anak dalam meningkatkan kecerdasan, kreatifitas, dan kekompakan.

Berikut adalah beberapa jenis permainan tradisional anak-anak Indonesia yang populer.

Permainan Tradisional Indonesia

Petak umpet

Permainan yang dimainkan oleh beberapa orang dengan cara bersembunyi dari satu orang yang ditunjuk sebagai penjaga.

Penjaga akan menutup matanya dan menghitung sampai sepuluh. Setelah itu, penjaga akan mencari para pemain yang bersembunyi. Pemain yang pertama kali ditemukan oleh penjaga akan menjadi penjaga selanjutnya.

Engklek

Permainan yang dimainkan oleh satu orang dengan cara melompat-lompat di atas garis-garis yang telah digambar di tanah. Pemain harus melompat melewati garis-garis tersebut tanpa menyentuhnya. Jika pemain menyentuh garis, maka pemain tersebut akan kalah.

Gobak sodor

Permainan yang dimainkan oleh dua kelompok yang saling berhadapan. Kedua kelompok akan saling berusaha untuk menguasai area permainan yang dibatasi oleh garis-garis. Pemain yang tersentuh oleh pemain dari kelompok lawan akan menjadi tawanan.

Congklak

Permainan yang dimainkan oleh. dua orang dengan menggunakan papan dan biji-bijian. Pemain akan saling berusaha untuk mengumpulkan biji-bijian sebanyak-banyaknya.

Bola bekel

Permainan yang dimainkan oleh satu orang dengan menggunakan bola dan beberapa biji-bijian. Pemain akan berusaha untuk menjaga bola agar tidak jatuh dengan cara melemparkan bola dan menangkapnya kembali.

Gasing

Baca Juga:Rekomendasi Kuliner dari Nasi di IndonesiaDaftar Makanan Tinggi Kalori Bikin Tubuh Gemuk

Permainan yang dimainkan oleh satu orang dengan menggunakan gasing. Pemain akan berusaha untuk memutar gasingnya selama mungkin.

Layangan

Permainan yang dimainkan oleh satu orang atau lebih dengan menggunakan layangan. Layangan adalah lembaran kertas yang dipasang pada kerangka bambu dan diterbangkan ke udara.

0 Komentar