Paspor Timor Leste Kalahkan Paspor Indonesia!

Paspor Timor Leste Kalahkan Paspor Indonesia!
Paspor Timor Leste Kalahkan Paspor Indonesia!
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Menurut Henley Passport Index 2024,Paspor Indonesia masih tergolong lemah jika dibandingkan dengan negara tetangga lainnya di Asia Tenggara salah satunya negara Timor Leste.

Dari daftar paspor terkuat di dunia 2024, paspor Indonesia ada di peringkat ke-66 bersama dengan Kazakhstan dan Eswatini. Sementara Timor Leste ada di peringkat ke-56 berada di posisi yang jauh lebih unggul dari Indonesia.

Hal ini berarti pemegang paspor Timor Leste dapat mengunjungi 96 destinasi tanpa menggunakan visa, sedangkan pemegang paspor Indonesia hanya dapat mengunjungi destinasi tanpa visa sebanyak 78 tujuan.

Baca Juga:10 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan, Salah Satunya Bisa Menurunkan KolesterolKashi, Bayi Harimau Sumatera Lahir di Roma Italia

Tentunya hal ini menjadi perbincangan untuk sebagian orang, karena sebelumnya Timor Leste termasuk bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) , yakni dengan nama Provinsi Timor Timur.

Namun, pada  20 Mei 2002 Timor Timor resmi lepas dari Negara Indonesia dan berganti nama menjadi Timor Leste. Kini, paspor mereka justru lebih unggul dari pada Indonesia.

Posisi Paspor Indonesia Menurut Henley Passport Index & Partners 2024

65. Lesotho, Namibia

66. Indonesia, Kazakhstan, Eswatini

67. Kenya, Malawi

68. Republik Dominika, Kosovo

69. Tanzania

70. Azerbaijan

0 Komentar