Terbaru! Arab Saudi Resmi Bergabung dengan China-Rusia

Terbaru! Arab Saudi Resmi Bergabung dengan China-Rusia
Terbaru! Arab Saudi Resmi Bergabung dengan China-Rusia
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Diketahui, Arab Saudi resmi bergabung dengan BRICS, blok ekonomi yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, pada 1 Januari 2024.

Keputusan Arab Saudi untuk bergabung dengan BRICS merupakan salah satu perkembangan geopolitik paling signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Arab Saudi Resmi Bergabung dengan China-Rusia

Keputusan tersebut merupakan sinyal bahwa Arab Saudi semakin berani mengambil jalurnya sendiri dan tidak lagi sepenuhnya bergantung pada Amerika Serikat.

Baca Juga:Satria Mahathir Berikan Pesan untuk Para Generasi Muda di IndonesiaSaipul Jamil Menangis Histeris saat Ditangkap Polisi di Jalan

Seperti yang diketahui, Arab Saudi merupakan salah satu produsen minyak terbesar di dunia, dan hubungannya yang dekat dengan China telah membuat Beijing semakin berpengaruh di Timur Tengah.

Selain Arab, sejumlah negara lain juga telah resmi bergabung dengan BRICS. Di antaranya yaitu Uni Emirat Arab, Mesir, Iran, dan Ethiopia.

Dengan begitu, jumlah anggota organisasi BRICS kini mencapai 10 negara. Keanggotaan Arab di organisasi tersebut diperkirakan akan memperkuat pengaruh blok itu di dunia.

BRICS kini menjadi kekuatan ekonomi yang semakin besar, dengan PDB gabungan mencapai sekitar $25 triliun. Blok ini juga memiliki populasi gabungan sekitar 4 miliar orang.

Keanggotaan Arab di BRICS juga diperkirakan akan meningkatkan kerja sama ekonomi antara China dan Rusia dengan negara-negara Timur Tengah.

Pasalnya, China dan Rusia telah lama berupaya untuk memperluas pengaruh mereka di wilayah tersebut, dan Arab merupakan mitra yang penting bagi mereka.

Keputusan Arab untuk bergabung dengan BRICS diperkirakan akan menimbulkan reaksi dari Amerika Serikat dan sekutunya. AS telah lama khawatir dengan meningkatnya pengaruh China dan Rusia di dunia.

Baca Juga:Viral! Truk Boks Bermuatan Surat Suara Pemilu Terjun ke JurangTak Ada Keputusan Jelas Soal Tempat Tinggal, Rohingya Menangis saat Dikunjungi UNHCR

Di bawah ini ada beberapa dampak dari keputusan Arab untuk bergabung dengan BRICS:

1. Memperkuat pengaruh China dan Rusia di dunia
2. Meningkatkan kerja sama ekonomi antara China dan Rusia dengan negara-negara Timur Tengah
3. Menyebabkan ketegangan antara Amerika Serikat dan sekutunya dengan China dan Rusia
4. Keputusan Arab untuk bergabung dengan BRICS merupakan perkembangan geopolitik yang penting dan akan memiliki dampak yang signifikan terhadap tatanan dunia.

0 Komentar