8 Tarian Tradisional Indonesia Populer Sepanjang Masa

Tarian Tradisional
Tarian Tradisional
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Di Indonesia miliki banyak tarian tradisional dan kontemporer yang menjadi populer sepanjang masa bahkan di luar negri.

Selain tarian tradisional, tarian modern dan kontemporer juga semakin populer di Indonesia, terutama di kalangan anak muda.

Tarian-tarian seperti hip-hop, jazz, dan tarian daerah dengan sentuhan modern dapat ditemukan di berbagai komunitas tari di seluruh negeri.

Baca Juga:10 Manfaat Menari yang Jarang Orang KetahuiBegini Tanggapan Hary Tanoe CEO MNC Group untuk Debat Ketiga Pilpres 2024

Tarian begitu beragam terutama tarian di Indonesia di setiap daerahnya memiliki keunikan masing-masing, namun tahukan bahwa menari bukan hanya sekedar tampilan indah dan budaya setempat. Beberapa tarian tradisional yang dikenal luas di Indonesia.

Daftar Tarian Tradisional Indonesia

Tari Pendet

Asal Bali, tari Pendet biasanya ditampilkan dalam upacara keagamaan atau sebagai penyambutan tamu.

Tari Saman

Asal Aceh, tari Saman adalah tarian yang energetik yang melibatkan gerakan cepat, irama khas, dan vokal grup.

Tari Jaipong

Dari Jawa Barat, tari Jaipong merupakan perpaduan antara tarian tradisional Sunda dengan elemen-elemen modern.

Tari Tor-Tor

Asal Sumatra Utara, tari Tor-Tor adalah bagian dari upacara adat Batak dan sering ditarikan dalam peristiwa-peristiwa penting.

Tari Topeng

Tari Topeng berasal dari Jawa dan Bali, dan melibatkan penggunaan topeng yang berbeda-beda untuk merepresentasikan karakter tertentu.

Tari Reog Ponorogo

Tarian ini berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, dan melibatkan kostum-kostum yang megah, topeng singa, dan gerakan yang dinamis.

Tari Serimpi

Baca Juga:Fakta Gempa di Sumedang Menggunjang di Penghujung 2023Potret Suasana di Rumah Duka Rizal Ramli Mantan Menko Maritim

Asal Jawa Tengah, tari Serimpi adalah tarian istana yang elegan, melibatkan gerakan yang lembut dan kostum yang anggun.

Tari Kecak

Meskipun berasal dari Bali, tari Kecak telah menjadi populer di seluruh Indonesia. Tarian ini terkenal dengan paduan suara “cak-cak-cak” yang dibawakan oleh kelompok penari laki-laki.

0 Komentar