Awas! Ini Bahaya Makan Hahu Hoheng yang Viral

Bahaya Makan Hahu Hoheng yang viral
Bahaya Makan Hahu Hoheng yang viral
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Bagi Kamu yang senang mencoba berbagai hal viral di media sosial, sebaiknya berhati-hati dengan tren makan hahu hoheng alias tahu goreng panas yang dicocol dengan bubuk cabai pedas. Karena memiliki bahaya yang tak terduga.

Diketahui mukbang hahu hoheng tersebut dipopulerkan netizen Tiongkok dan menjadi tren di Indonesia, sehingga banyak orang yang ingin mencobanya.

Hahu hoheng sendiri merupakan  hidangan tahu yang diiris tipis dan digoreng. Tahu tersebut akan langsung disantap dengan bubuk cabai, sesaat setelah diangkat dari penggorengan dengan minyak mendidih.

Baca Juga:Intip 8 Tempat yang Buka Saat Tahun Baru, Meski Tanggal Merah!SGIE Gibran Dirujak Netizen, Pakar: Trik yang Membosankan!

Rasa panas dan pedas dari hahu hoheng menimbulkan rasa penasaran di kalangan banyak orang. Namun, sayangnya, tren mukbang ini yang sedang populer di TikTok ternyata membawa risiko kesehatan.

Lalu apa saja bahaya makan hahu goreng yang viral ini? Simak ulasannya!

Bahaya Makan Hahu Hoheng

Nadia Alaydrus, seorang dokter dan influencer menjelaskan bahaya yang bisa ditimbulkan saat seseorang mengikuti tren hahu hoheng.

1. Timbulkan Luka Bakar di Lidah

Makanan panas bisa membuat lidah melepuh dan terbakar, yang kemudian bisa memunculkan sariawan dan rasa tidak nyaman di lidah.

2. Berisiko Kanker Tenggorokan

Tren satu ini juga bisa meningkatkan risiko kanker kerongkongan atau kanker esofagus karena suhu yang terlalu tinggi bisa memberikan efek pada saluran pencernaan bagian atas yaitu di area rongga mulut yang kemudian turun ke kerongkongan yang bisa menyebabkan inflamasi.

“Dan inflamasi inilah yang bisa memicu terjadinya kanker,” kata dia.

Menurut sebuah penelitan, lanjut dr Nadia, makanan dan minuman dengam suhu yang tinggi berhubungan positif dengan kejadian karsinoma sel scomosa di esofagus di bagian Cina Barat Laut.

3. Dampak Pada Kesehatan Gigi

Konsumsi makanan yang terlalu panas dapat mengakibatkan pelemahan enamel gigi, yaitu lapisan pelindung terluar gigi. Apabila enamel mengalami kerusakan, gigi menjadi lebih rentan terhadap masalah kesehatan, seperti pembentukan gigi berlubang.

Baca Juga:5 Media Asing Sorot Gibran Rakabuming di Debat CawapresViral! TKI Taiwan Dapat Surat Suara Pemilu 2024, Kok Bisa?

Demikian informasi mengenai bahaya makan hahu hoheng yang sedang viral di TikTok. Tetap waspada ya!

0 Komentar