5 Media Asing Sorot Gibran Rakabuming di Debat Cawapres

Media asing sorot Gibran Rakabuming
Media asing sorot Gibran Rakabuming
0 Komentar

Media ini juga menyoroti pasangan nomor urut 2 ini terkait kebijakan hilirisasi, upaya infrastruktur, dan program Jokowi untuk mengembangkan industri kreatif negara serta 60 juta usaha kecil dan menengah di seluruh nusantara.

Gibran juga mengatakan, pasangan Prabowo-Gibran bermaksud melanjutkan rencana ayahnya untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta di wilayah padat penduduk di Jawa ke Nusantara di pulau Kalimantan yang belum berkembang.

5.South China Morning Post (SCMP)

South China Morning Post (SCMP) melaporkan bahwa Gibran memulai perbincangan dengan menyoroti kebijakan ekonomi, termasuk larangan ekspor mineral mentah yang diperluas ke produk pertanian dan perikanan, serta pembangunan ibu kota baru di Kalimantan.

Baca Juga:Viral! TKI Taiwan Dapat Surat Suara Pemilu 2024, Kok Bisa?Soal Debat Cawapres, Gibran Sebut Lebih Pengalaman dari Mahfud dan Cak Imin

Walaupun perdebatan dimulai dengan damai, suasana menjadi sinis ketika para panelis menanyakan kepada Gibran mengenai prioritas pembangunannya, apakah lebih fokus pada infrastruktur atau kualitas tenaga kerja Indonesia.

Cawapres nomor urut 1, Muhaimin, kemudian merespons dengan menyatakan bahwa hanya sebagian kecil dana yang dialokasikan untuk pembangunan ibu kota baru yang dapat digunakan untuk proyek-proyek seperti membangun sekolah dan jalan di provinsi tertinggal seperti Kalimantan.

Banyak penonton menilai bahwa Gibran menggunakan taktik yang mirip dengan ayahnya pada pilpres 2019, di mana ia memanfaatkan kata-kata seperti “unicorn” untuk membingungkan Prabowo.

Sementara itu, dosen senior politik di Universitas Murdoch Australia, Ian Wilson, mengatakan bahwa Gibran melakukan upaya “gotcha” yang membosankan dengan menggunakan akronim bahasa Inggris yang tidak jelas.

Demikian informasi mengenai media asing sorot Gibran Rakabuming dalam debat calon wakil presiden (cawapres) yang berlangsung di Jakartan Convention Center, Jumat (22/12/2023).***

0 Komentar