Persib Bandung Ganti Tanggal Lahir Jadi 5 Januari 1913, Ini Alasannya!

Persib Bandung ganti tanggal lahir (Sumber: Persib.co.id)
Persib Bandung ganti tanggal lahir (Sumber: Persib.co.id)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Secara resmi klub sepakbola Persib Bandung ganti tanggal lahir dari 14 Maret 1933 menjadi 5 Januari 1913.

Pergantian tanggal lahir tersebut berdasarkan pada rekomendasi tim peneliti dari Universitas Padjajaran (UNPAD).

Prof Kunto Sofianto, PhD Ketua Tim Peneliti UNPAD mengemukakan sebelum melakukan pergantian itu, tim telah melakukan riset selama kurun waktu enam bulan.

Baca Juga:Nagita Slavina Berteriak di Mal Singapura Disebut Bikin Malu, Ada Aturannya Lho!Update! Ini Syarat Perjalanan ke Singapura Usai Covid-19 Melonjak Lagi

Tim melakukan riset sejarah dengan merujuk pada sumber primer dan  sumber sezaman. Pencarian data dinilai sulit dilakukan, pasalnya literatur data yang mendukung sangat minim.

Riset hari jadi ini dilakukan untuk menjawab keresahan dan bahkan keraguan yang muncul dalam satu dekade terakhir, terutama dari pegiat literasi, jurnalis dan Bobotoh PERSIB karena tidak adanya bukti otentik dasar penetapan hari jadi PERSIB pada tanggal 14 Maret 1933,” jelas Prof. Kunto.

Kemudian alasan lain dirubahnya tanggal lahir klub kebanggaan Jawa Barat ini karena sebelumnya bernama PSIB yang didirikan PSSI pada 1930.

“Dalam perspektif historis, tanggal 14 Maret 1933 yang selama ini diyakini sebagai hari jadi PERSIB, tidak berdasarkan fakta sejarah (ahistoris) apabila dikaitkan dengan peran BIVB dalam proses pendirian PSSI pada tanggal 19 April 1930,”terangnya.

Setelah melakukan penelusuran di Perpusnas RI, Prof Kunto dan tim menemukan mikro film arsip koran lama “Kaoem Moeda”. Mikro film tersebut kemudian menjadi salah satu rujukan sumber penelitian.

Prof Kunto memaparkan, tim menemukan berita tertanggal 7 Januari 1919 yang mewartakan telah terjadi pembentukan Bandoeng Indlandsche Voetbal Bond (BIVB) atau Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung di Kaoem Moeda.

Kemudian, tim menemukan berita serupa tertanggal 30 Desember 1918 yang mewartakan bahwa nanti akan diadakan pembentukan pada 5 Januari 1919 dengan diadakan berbagai pertandingan pada 5, 7, dan 12 Januari 1919.

Baca Juga:5 Aturan di Singapura Bagi Wisatawan, Pahami Sebelum Berkunjung!Kronologi Perempuan Bakar Ijazah Temannya, Diduga Karena Curi Helm

“Memang disebutkan koran tahun 1919 bahwa diadakan kesenian, dihadiri oleh 60 orang penting pada masa itu. Kemudian ada 13 perserikatan sepak bola,” jelasnya.

Dari dokumen tersebut juga disebutkan Soetan M. Djamil menjadi ketua pertama dari BIVB dengan wakil ketuanya adalah Soegeng. Temuan ini memperkuat bahwa tanggal 5 Januari 1919 merupakan hari lahir dari BIVB atau PSIB atau cikal bakal dari klub Persib Bandung.

Kendati demikian, tim mencoba menelusuri lebih ke belakang. Namun, tidak ada data otentik yang ditemukan selain dari akta notaris pendirian Bandoengsche Voetbal Bond (BVB) pada 1914.

0 Komentar