Gunung Marapi Bukittinggi Erupsi: Ini Hal yang Harus Dilakukan!

Gunung Marapi Bukittinggi Erupsi
Gunung Marapi Bukittinggi Erupsi
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Gunung Marapi Bukittinggi erupsi dan menyemburkan abu vulkanik sekitar 3.000 meter pada Minggu (3/12/2023).

Sebanyak 11 orang pendaki Gunung Marapi di Provinsi Sumatera Barat ditemukan meninggal dunia, Senin (4/12). Kemudian, masih ada 12 pendaki yang belum ditemukan.

Berdasarkan data dari Basarnas Padang, ada 75 pendaki yang terjebak saat Gunung Marapi erupsi, Minggu (3/12/2023) sore.

Baca Juga:Innalillahi! 11 Pendaki Gunung Marapi Ditemukan Tewas, Identitas Belum Diketahui3 Tips Memakai Kupluk Pria Biar Makin Kece, Jangan Ngasal!

Sementara itu Arief Pratama, selaku Humas Basarnas, mengatakan proses evakuasi korban meninggal dan pencarian para pendaki yang belum ditemukan untuk sementara ditangguhkan mengingat terjadi erupsi lagi pada Senin (4/12).

Hal yang Harus Dilakukan Saat Erupsi

Erupsi Gunung Merapi dapat menjadi situasi yang sangat berbahaya dan memerlukan persiapan serta tindakan yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menghadapi erupsi Gunung Merapi:

1.Pantau Informasi Terkini:

Tetaplah terhubung dengan sumber informasi resmi seperti Badan Geologi atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk mendapatkan pembaruan terkini tentang aktivitas Gunung Merapi.

2. Ikuti Petunjuk Resmi:

Ikuti petunjuk evakuasi dan perintah dari otoritas setempat. Jangan mengabaikan peringatan atau himbauan untuk segera meninggalkan area terdampak.

3.Buat Rencana Evakuasi:

Bersiaplah dengan rencana evakuasi yang jelas. Tentukan jalur evakuasi yang aman dan pastikan anggota keluarga atau rekan-rekan Anda mengetahui rencana tersebut.

4. Buat Tas Evakuasi Darurat:

Persiapkan tas darurat yang berisi kebutuhan dasar seperti air minum, makanan ringan, obat-obatan, pakaian, peta area, dan dokumen penting. Pastikan tas ini mudah diakses.

5. Gunakan Masker:

Saat erupsi terjadi, gunakan masker untuk melindungi pernapasan Anda dari abu vulkanik yang dapat menyebabkan masalah pernapasan.

6. Perlindungan Mata:

Baca Juga:Stay Safe! Ini 5 Tips Liburan Saat Musim Hujan Agar Lancar dan Nyaman7 Cara Dapat Tiket Pesawat Gratis, Biar Liburan Makin Happy!

Gunakan kacamata atau kacamata hitam untuk melindungi mata dari abu vulkanik yang bisa mengiritasi mata.

7. Hindari Perjalanan ke Area Terdampak:

Jauhi area yang telah ditetapkan sebagai zona bahaya oleh otoritas setempat. Hindari perjalanan ke area yang terkena dampak erupsi.

8. Simpan Dokumen Penting:

Pastikan dokumen penting seperti identitas, kartu keluarga, dokumen kesehatan, dan lainnya disimpan dalam wadah kedap air dan mudah diakses.

9. Bantu Sesama:

Berkomunikasi dengan tetangga dan komunitas sekitar. Bantu sesama dalam persiapan evakuasi dan pertolongan darurat.

0 Komentar